Dinsos Kabupaten Tegal Beri Bantuan Pengembangan Usaha untuk Hapus Kemiskinan Ekstrem

Rabu 28-02-2024,08:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI , DISWAYJOGJA - Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan penanggulangan kemiskinan ekstrem di daerah , pada 2024 Pemkab Tegal melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelontorkan anggaran. Hal itu dilakukan s ebagaimana tertuang dalam In s truksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem .

Kepala Dinsos Kabupaten Tegal I wan Kurniawan , melalui Kabid Linjamsos dan Kebencanaan M Agus Fauzan menyatakan , tahun ini untuk  program fasilitasi bantuan pengembangan ekonomi masyarakat  Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem ( P3KE) . D igelontorkan anggaran sebesar R p 241.500.000.

BACA JUGA:Harga Beras di Gunung Kidul Terus Meroket, Per Kg Mencapai Rp 18.000

” Anggaran tersebut diperuntukkan 60 KPM dengan wujud bantuan geroba k usaha berikut bahan," ujarnya , Selasa , 26 Februari 2024 lalu .

Pihaknya kini tengah melakukan assesmen kepada K eluarga P enerima M anfaat (KPM ) yang ada minat usaha di bidang penjualan. Hal ini sudah di laku k an sejak Januari hingga pertengahan F eb ruari 2024. Pihaknya membidik mereka yang sudah punya usaha untuk peningkatan usahanya.

” Assesmen kami tempuh agar bantuan tidak salah sasaran," cetusnya.

BACA JUGA:Kabupaten Tegal Alami Kemiskinan Ekstrem, Pj Bupati Agustyarsyah; Butuh Komitmen Pemanfaatan Dana CSR

P rogram pemberdayaan masyarakat yang pada implementasinya kali ini difokuskan untuk mendukung program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Program pemberdayaan , seperti pemberian  bantuan pengembangan usaha diharapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga .

“Y ang pada gilirannya mereka tidak lagi bergantung pada bantuan sosial karitatif," ungkapnya.

Pihaknya berharap masing-masing penerima manfaat benar-benar berdaya. Kegiatan ini dimaksudkan memberikan dukungan p rogram p ercepatan p enghapusan kemiskinan ekstrem . M elalui pemberdayaan masyarakat miskin ektrem agar mampu mengembangkan usaha dan menambah pendapatan ekonomi keluarga . Tujuannya me ng ubah pola pikir dan sikap mental keluarga miskin ektrem dari ketergantungan dan konsumtif menjadi mandiri dan produktif.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Lakukan Diseminasi Data Kemiskinan

M eningkatkan pendapatan melalui usaha ekonomi keluarga miskin ekstrem, menumbuhkan potensi yang dapat dikembangkan oleh penerima manfaat .

“Serta menciptakan proses bisnis kewirausahaan dari aspek sosial dan ekonomi . U ntuk mengembangkan potensi dan kemampuan keluarga miskin dalam mengelola usahanya ,” pungkasnya . (*)

Kategori :