Wisata terbaru 2024, Air Terjun Kapas Biru akan Membuat Anda Serasa Berada di Negeri Khayangan

Sabtu 24-02-2024,13:45 WIB
Reporter : Marcelia Diva Yuli A
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Lumajang sebagai kota kaki Gunung Semeru kaya akan wisata air terjun. Salah satu destinasi wisata terbaru 2024 yang dapat kamu kunjungi adalah Air Terjun Kapas Biru.

Diberi nama Kapas Biru karena aliran airnya yang putih dan deras bagaikan kapas, dengan bagian pinggirannya yang nampak berwarna biru dari kejauhan. Wisata terbaru 2024 ini berada di ketinggian sekitar 100 meter dengan 2 tingkat.

Tingkat bawah setinggi 90 meter dan tingkat atas setinggi 10 meter. Sumber airnya dark wisata terbaru ini berasal dari aliran anak Sungai Lengkong yang berhulu di lerang Gunung Semeru.

Wisata terbaru 2024 ini beralamat di Mulyoarjo, Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Tempat ini berjarak sekitar 50 km dari pusat Kabupaten Lumajang dengan waktu tempuh kurang-lebih 2 jam. Adapun dari Kota Malang, waktu tempuhnya juga hampir sama.

Untuk menuju ke wisata terbaru 2024 Air Terjun Kapas Biru bisa melalui Malang ataupun Lumajang. Jika menempuh rute dari Malang, disarankan mengambil jalur menuju Kepanjen yang kemudian mengarah ke Gondanglegi, Dampit, Tirtoyudo, Ampelgading, lalu Pronojiwo.

BACA JUGA : Semarang Punya? Yuk Eksplore Wisata Terbaru 2024 Kota Lama, Kaya Sejarah dan Banyak Spot Instagramable Loh!

Namun, jika menempuh rute dari Lumajang, maka ikutilah jalan nasional Lumajang-Malang melalui Sumberseko, Tempeh, Pasirian, Candipuro sampai Pronojiwo. Kedua rute tersebut bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun atau roda dua.

Setelah sampai di lokasi parkir wisata terbaru 2024, dibutuhkan perjalanan sekitar 45 menit berjalan kaki menaiki tangga untuk menuju air terjun. Di tengah perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan berupa hamparan hijau sejauh 2 km.

Lelah selama perjalanan akan terbayar dengan pesona keindahan yang tersaji. Pengunjung bisa berfoto, mandi di aliran sungai jernih yang berasal dari air terjun, atau sekedar menikmati keindahan alam Mahakarya Sang Pencipta.

Pesona keindahan Air Terjun Kapas Biru di Desa Pronojiwo Lumajang ini sangat menakjubkan. Air terjun setinggi 100 meter itu dikelilingi tebing batu di sisi kanan dan kirinya.

Pengunjung yang ada di dasar air terjun ini akan merasakan menakjubkan imbas percikan air yang jatuh dan limpasan embun yang kadang-kadang memunculkan pelangi yang sangat eksotis.

BACA JUGA : Unik, Deretan Kuliner Wisata Terbaru 2024 Temanggung? Dari Ndas Borok Hingga Ketan Gudig, Wajib Kamu Cobain!

Selain itu air terjun ini juga dikelilingi aliran sungai yang jernih dan tak kalah indahnya. Pemandangan di lokasi wisata ini benar-benar memanjakan mata dan menyegarkan.

Pengunjung jangan khawatir, Air Terjun Kapas Biru memiliki beragam fasilitas yang cukup memadai. Berikut beberapa fasilitas di Air Terjun Kapas Biru, seperti,Lokasi parkir wisatawan cukup luas, Warung jajanan, Rumah makan, Spot foto Instagramable

Toilet,Gazebo dan tempat duduk,Camping area.

Untuk dapat masuk ke lokasi Air Terjun Kapas Biru, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10 Ribu per orang. Pengunjung juga dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5 Ribu untuk motor dan Rp 10 Ribu untuk mobil.

Pengunjung atau wisatawan yang ingin kemping wajib ditemani pemandu untuk keselamatan dan keamanan. Biaya camping di Air Terjun Kapas Biru adalah Rp 20 Ribu per orang dengan harga guide camping sebesar Rp 150 Ribu.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Thailand? Nikmati Sensasi Belanja di 6 Pasar Terapung Unik Bangkok, Dijamin Puas!

Supaya liburanmu terasa menyenangkan, ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan ketika berkunjung ke Air Terjun Kapas Biru, antara lain,

Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima, sebab medan atau trek yang dilalui untuk menuju ke Air Terjun Kapas Biru cukup menanjak.

Karena medan yang dilalui sedikit ekstrim, sebaiknya bawalah obat-obatan jika diperlukan.

Gunakan sepatu yang alasnya tidak licin karena jalur yang dilewati berupa bebatuan, tanah licin, serta tebing securam 40-45 derajat. Jangan sesekali mencoba untuk menggunakan sandal.

Sebaiknya membawa pakaian ganti bila ingin bermain di sekitar air terjun.

Banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi di wisata terbaru 2024 ini. Bagi para penikmat alam ini bisa menjadi rekomendasi yang sangat bagus. Jadi jangan sampai terlewatkan untuk datang ke air terjun kapas biru ini. (*)

Kategori :