Kulit Wajah Sensitif? Jangan Khawatir, Berikut 5 Bahan Alami Pilihan untuk Memutihkan Kulit dengan Aman!

Rabu 21-02-2024,20:25 WIB
Reporter : Aulia Azizul Hakim
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA-Memiliki kulit wajah sensitif memang merepotkan. Kulit jadi mudah memerah, gatal-gatal, bahkan timbul iritasi jika menggunakan produk perawatan yang salah. Akibatnya, kamu jadi khawatir saat ingin memutihkan kulit wajah.

Tenang saja, ada beberapa bahan alami yang aman digunakan untuk memutihkan kulit wajah sensitif.

Bahan-bahan ini sudah teruji secara klinis tidak menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Berikut 5 bahan alami pilihan yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit wajah sensitif dengan aman.

1. Ekstrak Licorice (Kayu Manis)

Ekstrak licorice atau kayu manis mengandung glabridin, senyawa yang berfungsi mencerahkan kulit. Kandungan licochalcone A juga berperan sebagai antioksidan kuat yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Ekstrak licorice aman digunakan oleh kulit sensitif karena bersifat menenangkan. Ia bahkan mampu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit. 

Ekstrak licorice bubuk bisa ditemukan di toko suplemen kesehatan atau online. Pilih produk yang mengandung 100% ekstrak akar licorice.

Gunakan produk berbahan ekstrak licorice secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah merona.

BACA JUGA : Berikut! 5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh Anda.

2. Ekstrak Niacinamide (Vitamin B3)

Niacinamide adalah  kandungan yang sering digunakan sebagai bahan dasar produk skincare. Niacinamide atau vitamin B3 adalah antioksidan yang bermanfaat untuk kulit sensitif.

Zat ini mampu memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah serta halus. Kandungan niacinamide juga membantu menenangkan kulit yang iritasi.

Niacinamide biasanya dijual dalam bentuk kapsul suplemen dan banyak juga di dalam kandungan skincare yang ada di supermarket terdekatmu. Bisa juga beli di apotek, toko suplemen kesehatan, atau toko online.

Ekstrak ini juga dapat meminimalkan pori-pori besar di wajah. Produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide aman digunakan setiap hari.

3. Ekstrak Pepaya

Buah pepaya mengandung enzyme papain yang berperan sebagai eksfoliator alami. Selain itu, kandungan vitamin C dan betakaroten juga berfungsi mencerahkan kulit wajah.

BACA JUGA : Simak! 5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Anda

Pepaya tidak menimbulkan iritasi pada kulit sensitif sehingga aman dijadikan masker wajah alami.

Ekstrak pepaya tidak perlu ekstrak khusus, cukup menghaluskan daging buah pepaya matang yang segar

Cukup oleskan potongan pepaya pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan satu sampai dua kali seminggu untuk wajah cerah merona.

4. Ekstrak Tomat

Tomat kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin C dan asam sitrat juga membantu mencerahkan kulit wajah.  Tomat sangat aman digunakan pada kulit sensitif karena bersifat menenangkan.

Ekstrak tomat bisa didapat dengan menghancurkan atau memblender tomat segar hingga halus.

Kamu bisa mengoleskan jus tomat secara langsung ke wajah atau membuat masker wajah tomat. Gunakan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

BACA JUGA : 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Jika di Konsumsi Setiap Hari!

5. Minyak Zaitun

 

Minyak zaitun mengandung antioksidan kuat yaitu phenolic compound yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Kandungan vitamin E juga membantu melembabkan dan memperbaiki tekstur kulit.  Minyak zaitun sangat aman dan lembut digunakan pada kulit sensitif.

Ia bahkan mampu menenangkan kulit yang iritasi. Minyak zaitun dapat ditemukan di supermarket terdekat dan harganya pasti terjangkau. Gunakan minyak zaitun untuk massage wajah sebelum tidur agar kulit wajah sehat dan cerah.

Nah, itu dia 5 bahan alami yang aman digunakan untuk memutihkan kulit wajah sensitif. Pastikan untuk selalu melakukan uji coba kecil sebelum menggunakannya untuk memastikan kamu tidak alergi.

Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan pola makan dan istirahat yang cukup agar kulit wajah sehat dari dalam. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. (*)

Kategori :