Kendaraan Angkutan di Kabupaten Tegal Berkurang, Capaian PAD Retribusi Terminal Merosot

Jumat 15-12-2023,11:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI , DISWAYJOGJA - Berkurangnya kendaraan angkutan penumpang umum hingga kurang representatifnya kondisi terminal di Kabupaten Tegal . M enyebabkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) di sektor retribusi terminal tahun ini mengalami penurunan. Hal ini diperparah dengan adanya kenaikan target sebesar 10 persen di ubahan APBD II.

BACA JUGA:Peringatan Hari Nusantara 2023 di DIY Meriah, Laguna Depok Bantul Jadi Saksi

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko Setyawan , melalui S ekretaris D inas Ali Imron menyatakan , untuk target PAD retribusi terminal tahun ini mencapai Rp275.996.000. Realisasi hingga akhir November 202 3 baru sekitar Rp76.667.000 atau sekitar 27, 78 persen. ” Estimasi hingga jelang akhir tahun yang bisa kita kejar di p e rsentase 35 persen," ujarnya , Kamis (14/12 /2023 ).

BACA JUGA:Segera Amankan Datamu dari Para Hacker? Inilah 3 Cara Menghapus Data Diri Pinjol dengan Mudah

Retribusi PAD terminal tersebut didapat dari T erminal Dukuhsalam, Adiwerna, Trayeman dan Yomani . Sementara untuk PAD retribusi penggunaan tanah dan bangunan kekayaan daerah di kawasan terminal , pihaknya ditarget PAD sebesar Rp256.733.000.

” R ealisasi hingga akhir November 2023 di angka Rp157.474.345 atau setara 61,33 persen. Estimasi hingga akhir tahun yang bisa diwujudkan di p e rsentase 80 persen," ungkapnya .

BACA JUGA:Vivo Y36i: Smartphone Stylish dengan Peforma Tangguh dan Daya Tahan Baterai yang Handal!

Retribusi pengunaan tanah dan bangunan kekayaan daerah di kawasan terminal tersebut ada di semua terminal yang ada . M ulai T erminal P angkalan T ruk Maribaya, Dukuhsalam, Adiwerna, Klonengan dan Margasari.

BACA JUGA:Ingin Pinjamanmu Segera Diproses? Inilah 3 Cara Agar Pengajuan Pinjolmu Bisa Disetujui

K endala capaian PAD retribusi penggunaan tanah dan bangunan kekayaan daerah di kawasan terminal, rata-rata penyewa minta pembayaran di akhir tahun.

Sementara kondisi di T erminal Klonengan saat ini jarang yang menyewa ki os karena pe ngu n j u n g banyak yang rusak dan pedagang di sana sulit mendapatkan konsumen. PAD restribusi MCK terminal tahun ini dibebani sebesar Rp35.200.000 dan baru bisa terealisasi sebesar Rp17.200.000 setara dengan 48, 85 persen. ” Estimasi capaian hingga akhir tahun  diupayakan bisa mencapai 80 persen, ” ungkapnya.

BACA JUGA:Kurang Waspada, Pemilik Counter di Jl Jenderal Sudirman Brebes Tewas Tertemper Kereta Api Argo Sindoro

K eseluruhan target awal PAD retribusi terminal awalnya di penetapan reguler sebesar Rp3,6 mil i ar dan hal itu sulit untuk diwujudkan di lapangan dengan kondisi yang ada sekarang. D i ubahan target tersebut justru dinaikan 10 persen hingga menjadi Rp3,9 mil i ar. (*) 

Kategori :