Kamu Lagi Cari Kampus Favorit Di Jogja? Berikut Adalah 4 Daftar Perguruan Tinggi Yang Cocok Buat Kamu!

Rabu 11-10-2023,04:43 WIB
Reporter : M Hafizal Fikri
Editor : M Hafizal Fikri

DISWAY JOGJA - Untuk kamu yang lagi nyari kampus favorit di jogja mungkin ini bisa jadi pilihan yang cocok buat kamu.

Pendidikan yang berdiri di kota Yogyakarta. Universitas Negri Yogyakarta berhasil menududuki peringkat ke 2 dari Perguruan tinggi terbaik di tingkat nasional, dan berhasil mendapati peringkat 607 dunia dalam peringkatan sebagai versi Scimago Instution Rangking (SIR).

Pasti kamu sering bertanya tanya tentang kenapa banyak orang yang minat untuk berkuliah di Yogyakarta Kan?. Mungkin Setelah lulus SMA/SMK, banyaknya dari 99% siswa itu masih bingung dengan jenjang karir yang selanjutnya. Ada yang lebih memilih berkerja dan ada juga yang memilih melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bagi siswa yang ingin melanjutkan ke pendidikan selanjutnya mungkin akan mencari salah satu kampus favorit pilihanya sendiri.

Salah satu kota yang paling banyak di minati untuk siswa baru ini yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi adalah jogja. Ada banyak alasan kenapa para mahasiswa baru ini ingin sekali berkuliah di Yogyakarta. Di karenakan kampus favorit di jogja, memiliki biaya yang cukup terpaut murah, berbagai banyaknya tempat wisata, keragaman mahasiswa,dan fasilitas yang sangat lengkap serta juga dengan banyaknya event dan komunitas yang ada di dalamnya ini menjadi salah satu alasan mengapa Yogyakarta menjadi tempat berkuliah yang banyak diminati oleh mahasiswa.

BACA JUGA:4 Perguruan Tinggi di Yogyakarta Masuk dalam Kampus Islam Terpopuler di Dunia

Berikut Adalah Daftar Kampus Faforit Di jogja.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM) selain menjadi salah satu daerah yang kaya dengan budaya, di Yogyakarta ini menjadi tempat yang di tuju oleh mahasiswa baru di seluruh indonesia. Universitas Gadjah Mada menjadi kampus yang sangat memperhitungkan dengan kualitasnya, baik dalam skala nasional dan internasional. Sebagai contoh menurut pemeringatan QS untuk Graduate Empoyabilitty tahun 2019, UGM berhasil menduduki di peringkat 301 - 500 Universitas  terbaik yang ada di dunia. kampus ini juga masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik sebagai The Times Higher Education (THE), tahun 2020 dalam posisi peringkat 1001+ di dunia. Jadi tak heran kenapa UGM ini menjadi kampus favorit di jogja.

Universitas Gadjah Mada yang dikenal sebagai kampus biru itu mempunyai kurang lebih 18 fakultas, satu sekola vokasi dan satunya lagi sekolah pancasarjana dengan jumlah program studi mencapai 265. Dan kampus ini sudah Ber- Akreditasi A cocok Buat kamu yang mau melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di kampus favorit di jogja.

Biaya kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini kamu harus menyiapkan uang  Rp6.000.000 kisaran per-semester

BACA JUGA:Kamu Mahasiswa Baru? Bingung Dengan Dunia Kampus? Yuk Simak 13 Organisasi Internal yang Ada, Maba Wajib Tau!

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Pada tahun 2022 UNY berhasil meraih sebagai posisi ke 6 dari 586 universitas terbaik yang ada di indonesia dan meraih peringkat 65 di tingkat Asia versi lembaga pemeringkatan di perguruan tinggi tingat internasional University Ranking (UniRank) loh. Apakah kamu tau bahwa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pernah juga menjadi kampus tim nasional Sepak Bola U-19 dikuliahkan oleh kementrian Pemuda dan Olahraga di Universitas Negeri Yogyakarta  dengan melalui program kerja sama pendidikan. Luar biasanya kampus ini menyumabngkan banyak talenta atlet sepak bola dengan sebanyak 26 pemain timnas mengikuti juga di Fakultas Ilmu Keolahragaan di Universitas Negeri Yogyakarta. Jika kamu tertarik untuk berkuliah di kampus favorit di jogja ini kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp4.000.000 kisaran per-semester. Dan kampus ini ber- Akreditasi A loh!.

UNY  ini menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal  dan bisa di sebut dengan (UKT) sistem ini di bagi menjadi 7 gologan. Mahasiswa yang sudah masuk melalui SNMPTN/SBMTN di kenakan pembayaran biaya kuliah sebesar Rp500.000-Rp5.645.000. Itu untuk mahasiswa jalur mandiri, dan untuk biaya kuliah yang di kenakan mulai dari Rp2.400.000-Rp 5.645.000 serta Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA) yang dibayar satu kali saat memulai tahap registasi. Tentunya kampus favorit di jogja ini menjadikan belajarmu semakin giat dan di kampus ini banyak sekali Fakultas Jurusan  yang mungkin kamu menyukainya.

3. Akademi Angkatan Udara (AAU)
Buat kamu yang ingin bergabung di salah satu lembaga  pendidikan militer lingkungan TNI Angkatan Udara?. coba daftarkan diri kamu untuk berkuliah di Akademi Angkatan Udara (AAU) ini. Untuk program AAU ini berlangsung sampai 4 tahun, yang terbagi menjadi dua tahap. Untuk tahun pertama, Quipperian akan menjalani program pendidikan intergratif di resimen chadardimuka di magelang loh. Dan untuk tiga tahun berikutnya, untuk kamu baru mengikuti pendidikan AAU ini di Yogyakarta. Akademi Angkatan Udara (AAU) ini menjadi kampus favorit di jogja loh. kamu tau tidak? semua biaya di tanggung pemerintah,dan langsung ada ikatan dinas bagi luluan AAU.

Fakultas dan Jurusan

- Teknik Industri
- Teknik elektro
- Sekolah kedinasan
- Militer dan Kepolisian
- Teknik penerbangan

BACA JUGA:Bukan Sekadar Busana: 10 Tips Gaya Berpakaian Kampus yang Menggambarkan Identitas Diri

4. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM
Nah buat kamu yang suka dengan informatika atau komputer AKAKOM ini sangat cocok untuk kamu. Apa lagi kampus favorit di jogja ini merupakan penyelenggara pendidikan tinggi di bidang komputer yang pertama kali berdiri di provinsi Jawa Tengah dan di Yogyakarta dengan nama AKAKOM (Akademi Aplikasi Komputer). Hingga akhirnya AKAKOM ini berubah menjadi STMIK AKAKOM sejak tahun 1992. kalo kkamu ingin menekuni di bidang IT langsung daftar saja
untuk biaya yang harus kamu siapkan untuk berkuliah di AKAKOM sebesar Rp6.000.000- 7.000.000 kisaran per- semester sangat jelas sekali kampus ini menjadi kampus yang favorit di jogja di karenakan banyak

Fasilitas seperti

- Ruang presentasi
- YPT perpustakaan
- Lapangan Voli
- Poliklinik
- Lapangan Basket
- Ruang Pemeran
- Pusat Latian
- Student Center
- Panjat dinding
- AKAKOM Hot Spot

Dan itulah beberapa rekomedasi kampus favorit yang ada di jogja semoga informasi yang DISWAY JOGJA bagikan ini menjadi bermanfaat buat kamu (*)


Kategori :