Menelisik Lebih Jauh Tentang Big Data dan 3 Manfaatnya untuk Perusahaan

Minggu 10-09-2023,05:00 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Penta Daniel Pratama

Informasi yang didapatkan dari chatbot berasal dari big data dan merupakan tempat penghimpun keseluruhan data bisnis dan customer.

Dari situlah AI mengambil informasi yang kemudian diberikan kepada customer untuk menjawab kebutuhan mereka.

2. Pengoptimalan customer service

Dengan menganalisis data pelanggan, Kamu sebagai pemilik perusahaan bisa mengetahui pola konsumsi pelanggan perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaanmu bergerak di bidang kecantikan. Kamu pasti memiliki data pelanggan yang pernah bertransaksi di perusahaan. Informasi itulah yang dikategorikan sebagai big data.

Gunakan data tersebut untuk mengetahui produk mana yang sering dibeli pelanggan, jenis pengiriman apa yang paling banyak digemari, metode pembayaran seperti apa yang umum digunakan, dan masih banyak lagi.

Dari informasi tersebut, Kamu bisa meningkatkan kepuasan customer dengan memberikan rekomendasi produk yang relevan hingga personalisasi interaksi dengan pelanggan.

Pelanggan pun bisa semakin puas dengan layanan perusahaan dan secara tidak langsung bisa meningkatkan pendapatan bisnis.

3. Optimalisasi Marketing

Dengan menggunakan informasi dari big data, perusahaan bisa menganalisis data pelanggan dari media sosial, iklan, situs dan lain sebagainya. Analisis tersebut bisa digunakan sebagai acuan strategi pemasaran yang akan digunakan.

Menilik dari hal tersebut, perusahaan dapat mengetahui kata kunci yang sering digunakan pelanggan, minat pelanggan terhadap bidang tertentu, jam akses internet pelanggan serta topik yang sedang trending dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Tips Marketing Menjadi Affiliate bagi Pemula, Bisa Mendatangkan Keuntungan, Cuma Modal HP saja Dirumah!

Beberapa informasi itu dapat menentukan platform apa yang akan digunakan perusahaan untuk mengiklankan bisnis, waktu penayangan iklan hingga bentuk iklan seperti apa yang digemari pelanggan.

 

Contoh spesifik lain tentang bagaimana sistem penggunaan big data di beberapa perusahaan dengan bidang yang berbeda-beda :

  1. Retail: Perusahaan ritel akan menggunakan big data untuk melacak pola belanja pelanggan, memprediksi permintaan produk serta meningkatkan penargetan pemasaran.
  2. Kesehatan: Perusahaan kesehatan akan menggunakan big data untuk mendiagnosis penyakit, memantau pasien serta mengembangkan obat-obatan baru.
  3. Manufaktur: Perusahaan manufaktur akan menggunakan big data untuk meningkatkan efisiensi produksi, memantau kualitas produk serta mencegah cacat.
  4. Transportasi: Perusahaan transportasi akan menggunakan big data untuk memantau lalu lintas, merencanakan rute serta meningkatkan keselamatan.
  5. Energi: Perusahaan energi akan menggunakan big data untuk memantau jaringan listrik, memprediksi permintaan energi serta meningkatkan efisiensi.

 

Kategori :