Tol Jogja Cilacap Terkini: Daftar Desa dan Kelurahan di Kabupaten Purworejo yang Terkena Pembebasan Lahan

Sabtu 02-09-2023,15:35 WIB
Reporter : Ismail F
Editor : Ismail F

YOGYAKARTA, DISWAY JOGJA-- Rencana pembangunan tol Jogja-Cilacap terus dimatangkan. Terbaru sudah muncul nama-nama desa dan kelurahan di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah yang bakal terkena pembebasan lahan proyek tol tersebut.

Tol Jogja Cilacap ini dibangun membentang di kawasan Pantai Selatan (Pansela) Jawa Tengah menuju Jogja  sepanjang 121,75 Km. 

Pembangunan jalan Tol Cilacap Jogja akan melintasi 5 kabupaten di Jawa Tengah. Yakni Kabupaten Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap dan Kulonprogo di Provinsi DIY.

BACA JUGA:Tarif Tol Naik; Ini Besaran Tarif Baru Ruas Tol Kanci-Pejagan Mulai Malam Ini

Diketahui, jalan tol Tol Cilacap Yogyakarta atau Tol Cilacap Jogja yang berada di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah ini berada di 8 Desa 1 Kelurahan. Tepatnya berada di Kecamatan Kutoarjo, Purworejo.

Kedelapan desa di Kabupaten Purworejo yang terkena pembebasan lahan tol Jogja Cilacap tersebut terdiri dari Kelurahan Bayem. Kemudian Desa Majir, Desa Kepuh, Desa Suren, Desa Semawung Kembaran, Desa Semawung Daleman, Desa Kuwurejo, Desa Sidarum serta Desa Pringgowijayan.

Kapan Pembebasan Lahan Tol Jogja Cilacap

Proses pembebasan Lahan Tol Jogja Cilacap di wilayah kabupaten/kota tersebut sudah diagendakan oleh Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pemebebasan lahan proyek jalan tol Yogyakarta - Cilacap atau Tol Cilacap Jogja tersebut menjadi tahapan lanjutan dari tahap sebelumnya. Sebab, ada 3 tahap yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Diantaranya adalah tender yang sudah dimulai tahun 2022 hingga 2023.

Selanjutnya tahapan financial close dan pembebasan lahan untuk proyek Tol Yogyakarta - Cilacap atau Tol Jogja Cilacap diharapkan dapat selesai dalam kurun waktu tahun 2023 hingga 2024.

BACA JUGA:8 Aplikasi Cek Saldo E Toll; Kamu Bisa Pakai dari Hape Android, Gampang Banget

Setelah proses pembebasan lahan selesai maka dilanjutkan dengan tahapan konstruksi atau pembangunan jalan Tol Jogja Cilacap yang dilaksananakan secara bertahap mulai tahun 2024 hingga 2029.

Jika sesuai perencanaan, tahun 2026 proses konstruksi beberapa ruas jalan sudah rampung, sehingga Jalan Tol Jogja Cilacap bisa mulai dioperasikan secara bertahap. 

 

Kategori :