Hadapi Mudik Lebaran, Aktivitas Proyek Tol Jogja-Solo Bakal Berhenti Sepekan

Hadapi Mudik Lebaran, Aktivitas Proyek Tol Jogja-Solo Bakal Berhenti Sepekan

TAMBAL ASPAL - Pelaksanaan proyek pembangunan Tol Jogja-Solo Paket 2 saat penambalan aspal di Ring Road Utara beberapa waktu lalu. -DOK.-

SLEMAN, DISWAYJOGJA - Pelaksana proyek pembangunan Tol Jogja-Solo Paket 2.2 Seksi 2 dipastikan menghentikan sementara aktivitas proyek saat menghadapi mudik Lebaran 2024. Penghentian sementara itu itu dilakukan mulai dari proses pembangunan infrastruktur tol penggunaan alat berat maupun armada pengangkut material.

Humas PT Adhi Karya Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Agung Murhandjanto mengaku akan mulai menghentikan sementara operasional truk-truk pengangkut material mulai Jumat, 5 April  mendatang. Kemudian untuk aktivitas alat berat dan pembangunan tol akan mulai berhenti total pada Minggu, 7 April.

BACA JUGA:Proyek Jalan Tol Jogja-Solo Terus Dikebut, Selesaikan Pemasangan Terowongan

Agung mengungkapkan, pemberhentian sementara aktivitas proyek pembangunan Tol Jogja-Solo itu akan berlangsung selama sepekan. Pelaksana proyek akan kembali melanjutkan pengerjaan tol tersebut pada Senin, 15 April mendatang.

”Sesuai arahan Dishub, untuk aktivitas truk pengangkut material berhenti pada 5 April 2024. Kalau untuk aktivitas proyek berhenti total pada tanggal 7 April 2024,” ujar Agung saat dikonfirmasi, Jumat, 29 Maret 2024.

Lebih lanjut, dia membeberkan bahwa pelaksana proyek tidak akan menerapkan rekayasa lalu lintas di Ring Road Utara seperti beberapa waktu lalu. Sebab, untuk aktivitas proyek berupa pelebaran di jalan utama tersebut sudah rampung.

Belum lama ini, pihaknya telah menyelesaikan proses perbaikan aspal atau patching di ruas jalan Ring Road Utara. Dia berharap, nantinya bisa menambah kelancaran ketika kendaraan. ”Kami sudah lakukan patching jalan di ringroad, kami tambal yang lubang-lubang,” bebernya.

BACA JUGA:Begini Kabar Terbaru Proyek Tol Jogja-Solo, Benarkah Warga Minta Stop Pembangunan?

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Arip Pramana menyampaikan, pembatasan operasional kendaraan barang termasuk truk pengangkut material tol sudah diatur pemerintah pusat. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor KP-DRJD 1305 Tahun 2024, SKB/67/11/2024, 40/KPTS/Db/2024 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 H pada tanggal 5 Maret 2024.

Arip menjelaskan, pembatasan kendaraan angkutan barang nonlogistik itu diberlakukan mulai Jumat, 5 April 2024 pukul 09.00. Kemudian akan berakhir pada Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00.

”Dari hasil koordinasi kami beberapa waktu lalu, pengelola jalan tol juga sudah mengetahui SKB itu, dan akan menghentikan sementara operasional,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: