Dalami Dan Pahami 4 Tipe Dan Karakter Gitar Akustik Sebelum Meminangnya!

Minggu 06-08-2023,09:53 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

DISWAYJOGJA.ID - Gitar menjadi alat musik yang paling umum dimiliki setiap orang, Alat musik asal Spanyol itu juga menjadi salah satu instrumen yang wajib ada dalam setiap pentas seni atau acara musik.

  Tidak hanya digunakan oleh para pemusik professional, beberapa merek gitar akustik terbaik di Indonesia juga sangat rekomend bagi pemula.

  Sejauh ini, beberapa merek gitar akustik sudah memiliki produk andalannya. Berapa Harganya? Mulai dari Rp1 jutaan saja.

  Namun, sebelum kamu membeli gitar akustik terbaik, sebaiknya perhatikan dan pahami dulu jenis gitar akustik yang tepat untukmu, khususnya untuk pemula.

  Karena secara garis besar, untuk gitar akustik sendiri terbagi menjadi empat tipe, yakni steel string, standar, acoustic electric, dan silent guitar.

BACA JUGA:4 Bagian Drumset, Apa Saja Yang Perlu Diketahui Pemula?

Dalami Dan Pahami 4 Karakter Gitar Akustik Sebelum Meminangnya

 

 Nah, dari keempat tipe gitar akustik yang ada, tentunya kamu harus memahami masing-masing karakternya. Yuk! simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Tipe Steel String

 

  Tipe gitar akustik terbaik yang pertama adalah tipe steel string. Tipe gitar akustik ini sering disebut folk, yang juga paling sering digunakan oleh para gitaris. Tidak hanya itu, gitar ini juga memiliki ukuran yang compact hingga neck yang ramping.

  Secara keseluruhan, gitar ini merupakan tipe gitar yang paling nyaman digenggam, dan sangat cocok dimainkan oleh orang-orang yang memiliki tubuh kecil, terutama pemula.

  Untuk karakter suaranya, salah satu tipe gitar akustik terbaik ini memiliki suara yang halus dan tajam, dengan range frekuensi yang cukup panjang.

 

2. Tipe Standar

 

  Tipe gitar akustik selanjutnya adalah gitar akustik tipe standar. Jenis gitar ini dikenal dengan bentuknya yang khas dan suaranya yang dinamis. Namun jika dibandingkan dengan steel string guitar, gitar akustik tipe standar ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan lebih tebal.

  Bahkan, jika dilihat dari lekukannya pun agak berbeda dengan tipe steel string guitar. Soal suara, gitar ini memiliki ketajaman yang lebih kuat. Bas dan intonasi suaranya juga bisa berpadu dengan dinamis dan akurat.

  Dengan gitar ini, kamu bisa memainkan lagu dengan genre rock, jazz dan blues. Karena, karakter suaranya sangat cocok untuk jenis lagu-lagu tersebut.

BACA JUGA:8 Tips Belajar Gitar Bagi Pemula, Paling Sederhana Dan Mudah!

3. Akustik Elektrik

 

  Selanjutnya ada tipe gitar akustik elektrik. Gitar ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bermain live, karena bisa dihubungkan dengan amplifier.

 Sebenarnya gitar ini sama dengan tipe steel string guitar dan juga gitar akustik standar. Perbedaannya hanya gitar ini bisa terhubung dengan amplifier dan gitar lainnya tidak bisa, karena pada gitar ini telah terpasang preamp sehingga dapat terhubung pada amplifilter beserta outputnya.

 Meski begitu, kamu juga bisa membuat steel string guitar dan gitar standarmu menjadi gitar akustik elektrik juga loh.

 Yakni dengan memasang alat yang dinamakan preamp. Namun kamu juga harus rela jika nantinya gitar tersebut memiliki nada dan suara frekuensi yang rendah.

 

4. Silent Guitar

 

  Tipe gitar akustik terbaik yang terakhir adalah tipe silent guitar. Seperti namanya, gitar ini memiliki pengontrol suara yang bisa disambungkan ke amplifier dan headphone, sehingga tidak akan mengganggu orang disekitar ketika kamu ingin berlatih.

  Gitar akustik ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memainkan gitar atau berlatih tanpa mengganggu siapapun, termasuk berlatih di malam hari.

  Bentuknya yang sangat keren dan elegan juga sangat memberikan nilai mewah, apalagi suara yang dihasilkan. Salah satu musisi indonesia yang menggunakan gitar jenis ini ialah Mas Istiqamah Djamad - PUSAKATA, yang dulunya sebagai vokalis band populer Payung Teduh.

  Demikian uraian 4 tipe gitar akustik beserta karakternya. Terimakasih, semoga bermanfaat.(*)

Kategori :