KAI Berikan Diskon 20% Kepada Penumpang Lansia Sebagai Bentuk Apresiasi Kepada Pelanggan

Rabu 02-08-2023,11:26 WIB
Reporter : Azah Ilma Nuryana
Editor : Azah Ilma Nuryana

DISWAY JOGJA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memberikan diskon atau penawaran tarif kepada pelanggan agar perjalanan kereta api menjadi lebih hemat. Salah satunya adalah pelanggan berusia 60 tahun ke atas. Jadi bagaimana Anda mendapatkannya? 

Mengutip situs resmi PT KAI, potongan harga PT KAI merupakan apresiasi bagi pelanggan yang sudah menggunakan kereta api sebagai alat transportasi utama mereka. Diskon ini berlaku untuk perjalanan KA jarak jauh dengan membeli tiket langsung di loket KA atau secara online melalui KAI Access. 

PT KAI memberikan diskon 20% untuk kereta api kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas bisnis untuk pelanggan berusia 60 tahun ke atas. Diskon ini berlaku setiap hari tiga jam sebelum keberangkatan. 

Pelanggan yang ingin menerima diskon harus mendaftar di customer service atau di loket stasiun. Pendaftaran dilakukan dengan membawa dokumen identitas asli untuk pengurangan hak yang masih berlaku. Namun, bagi calon penumpang yang sudah lanjut usia, cukup menyiapkan kartu identitas saja seperti KTP.

Catatan, pendaftaran juga dapat diwakilkan dengan memberikan dokumen identitas asli dan foto identitas penumpang untuk pendaftaran. Pendaftaran dilakukan paling lambat tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA.  

Selain itu, pendaftaran hanya dilakukan satu kali hingga akhir periode diskon. Jika periode diskon berakhir, calon penumpang harus melakukan registrasi ulang. 

Setelah mendaftar hak diskon, pelanggan dapat membeli tiket melalui KAI Access atau di loket tiket stasiun. Penumpang hanya perlu mengantri, saat mendapat giliran menunjukkan kartu identitas dan menunjukkan stasiun tujuan, kelas kursi yang diinginkan. Maka otomatis tarif akan turun. 

Sebagai informasi, pembelian tiket kereta api dapat dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi KAI Access, yaitu sebagai berikut:

1. Masuk/Log In ke akun KAI Access

2. Pilihlah stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, serta tanggal keberangkatan.

3. Kemudian pilih jadwal kereta yang akan digunakan.

4. Lalu dasukkan data penumpang.

5. Pada bagian Tipe Penumpang, pilihlah tipe Potongan/Diskon.

6. Masukkan NIK yang telah didaftarkan untuk potongan tiket.

7. Pilih nomor kursi dan selesaikan pembayaran.

Kategori :