Udah tahu Belum? Ini lah 4 Pasar Unik di Sumatera Utara yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Minggu 30-07-2023,17:07 WIB
Reporter : M. Lutfi
Editor : M. Lutfi

DISWAY JOGJA - Sumatera Utara memiliki banyak pasar yang menjadi tempat belanja masyarakat, salah satunya pasar yang ada di tanah Batak.

Pasar-pasar yang ada di tanah Batak akan selalu menjadi daya tarik wisatawan yang ingin melihat kehidupan masyarakat setempat.

Pasar-pasar di tanah Batak ini selalu ramai didatangi wisatawan dari luar kota dan mancanegara.

Di pasar tanah Batak ini terdapat berbagai jenis barang dagangan mulai dari kebutuhan pokok dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

 

Berikut ini dia pasar unik di umatera Utara yang Ramai Dikunjungi Wisatawan:

 

1. Pasar Buah Berastagi

Pasar buah Berastagi terletak di Kabupaten Karo, begitu memasuki pasar ini kamu akan disuguhkan warna-warni buah dan sayur yang membuat kita tak sabar ingin membeli dan mencicipinya.

Berada di dataran tinggi dengan udara yang sejuk, membuat Berastagi diketahui menjadi wilayah penghasil sayur dan buah yang berkualitas.

Pasar buah Berastagi menjual berbagai hasil kebun di Tanah Karo, seperti mangga, jeruk dan masih banyak lainnya.

Jika anda berwisata ke Berastagi tak ada salahnya jika singgah di pasar buah Berastagi.

 

2. Pasar Onan Balige

Pasar onan balige terletak di tanah Batak Sumatera Utara tepatnya di kawasan pinggir Danau Toba yakni Kota Balige. Pasar onan Balige merupakan pasar mingguan yakni disetiap hari Jum'at.

Pasar yang dikenal dengan pasar Jum'at ini memiliki peran besar pada bidang ekonomi di wilayah Danau Toba, khususnya di daerah Balige.

Ada keunikan lain jika kamu berkunjung sekitar pukul 07.00 WIB dimana kamu akan berkesempatan untuk memotret para pedagang yang berasal dari Pulau Samosir.

Disini kamu juga akan dapat melihat para pedagang yang hendak turun dari kapal khas yang terbuat dari kayu loh, dan menurunkan berbagai bahan dagangannya lainnya.

Jika kamu berkunjung ke kota wisata ini tak ada salajnya jika singgah ke pasar onan balige ini.

 

3. Pasar Bunga Brastagi

Pasar bunga di kota wisata Berastagi memiliki keunikan yang telah lama tersimpan.

Pasar bunga atau warga lokal kerap menyebutnya pajak bunga hidup berlokasi di tepian jalan Berastagi Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Meski berada di tepi jalan, bunga-bunga yang dijajakan sangat-sangat indah, dibanderol dari harga puluhan hingga ratusan ribu.

Memang harga tersebut kerap melonjak naik seiring dengan jadwal kalender kegiatan besar keagamaan maupun hari libur lainnya.

Disamping harganya, keunikan lain di pasar bunga tersebut yaitu bunga yang dijajakan para pedagang merupakan hasil dari budidaya warga setempat.

 

4. Pasar Souvenir Tomok

Begitu kapal kita menepi di Tomok maka mata kita akan langsung disambut dengan deretan kios cenderamata yang dijual berbagai kerajinan Batak.

Sebagai pasar sentra oleh-oleh di Pulau Samosir, keberadaan pasar tomok yang berada di Desa Tomok Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir memang sudah lama dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Di pasar tomok ini terdapat ratusan kios yang berjejer di pinggiran jalan.

 

Nah, itulah tadi pasar-pasar unik yang yang ada di Tanah Batak, Sumatera Utara.

Kategori :