Ibu-ibu Wajib Simak! Berikut 4 Tips Ampuh Bersihkan Kerak pada Panci, No 2 Paling Mudah!

Rabu 26-07-2023,23:10 WIB
Reporter : Nisa’a Nurusysyifa
Editor : Nisa’a Nurusysyifa

DISWAYJOGJA.ID - Saat memasak, ada beragam peralatan yang biasanya digunakan, termasuk panci dan wajan. Seiring lamanya waktu pemakaian, kedua alat ini kerap kali diselimuti oleh sisa-sisa lapisan gosong maupun kerak.

Kerak ini nantinya dapat memperburuk kualitas wajan dan panci. Bahkan cukup menganggu pemandangan ketika digunakan memasak.

Tips Membersihkan Kerak pada Panci atau Wajan 

Nah, jika kamu memiliki peralatan masak yang berkerak, simak tips membersihkan kerak pada panci atau wajan berikut yaa.

1. Menggunakan cuka dan soda kue

Cuka dan soda kue sering digunakan beberapa orang sebagai bahan pembersih alat dapur. Keduanya dinilai dapat merontokkan kerak-kerak membandel yang sukar dibersihkan.

Untuk menggunakannya kamu bisa larutkan air bersih dan cuka dengan perbandingan satu banding satu di dalam panci yang berkerak, lalu tambahkan dua sendok makan soda kue ke dalam panci. 

Panaskan larutan menggunakan api sedang hingga mendidih, kemudian matikan api kompor dan biarkan meresap selama 15 menit. Proses ini akan membantu mengangkat kerak yang menempel pada lapisan panci. Setelah kerak panci mulai terkelupas dan mengapung, buang air bekas rendaman. 

Apabila masih ada kerak yang menempel, oleskan campuran soda kue dan sedikit air di bagian kerak yang keras. Diamkan selama beberapa menit, kemudian gosok kerak menggunakan sabut gosok agar lapisan panci kembali bersih.

2. Menggunakan lemon 

Lemon dipercaya sebagai alat pembersih alami yang dapat membersihkan kerak pada panci. 

Caranya cukup iris beberapa potong lemon kemudian letakkan di bagian panci yang berkerak. Setelah itu tambahkan air hingga lemon di dalam panci terendam sempurna.

Panaskan panci berisi lemon menggunakan api sedang hingga mendidih selama kurang lebih lima sampai delapan menit. 

Setelah kerak panci mulai terlihat mengapung, buang air, dan sikat panci menggunakan sabut gosok hingga panci bersih dari kerak.  

3. Menggunakan aluminium foil dan soda kue

Metode ini serupa dengan menggunakan soda kue dan cuka, bedanya ada pada penggunaan aluminium foil untuk menggosok kerak yang menempel. 

Caranya bilas panci berkerak menggunakan air panas, lalu tiriskan. Setelah itu taburi dua sendok makan soda kue di atas kerak dan tambah beberapa sendok air panas hingga soda kue berubah menjadi pasta. 

LGosok kerak panci menggunakan aluminium foil yang sudah dibentuk seukuran bola golf. Setelah semua kerak di panci terangkat, bilas panci dengan air bersih.  Penggunaan aluminium foil dinilai efektif untuk menggosok kerak yang menempel dibanding menggunakan sabut gosok. 

4. Menggunakan produk pembersih alat dapur

Apabila kamu punya produk pembersih alat dapur, sebaiknya gunakan produk tersebut untuk mempermudah proses membersihkan panci yang berkerak. 

Sebelum menggunakan produk pembersih, bilas kerak yang menempel menggunakan air panas terlebih dahulu. 

Langkah ini dilakukan untuk membuat kerak yang awalnya keras menjadi lunak. Setelah itu oleskan produk ke bagian kerak sembari digosok menggunakan sarung tangan karet. Diamkan produk pembersih selama satu menit, kemudian bilas panci menggunakan air bersih. 

 

Demikian 4 cara jitu membersihkan kerak pada peralatan dapur. Cobalah dan buktikan sendiri keampuhannya!

 

Kategori :