Selain Rendang, ini 10 Makanan Minang yang Tak Kalah Menggoyang Lidah!

Senin 24-07-2023,21:40 WIB
Reporter : Nisa’a Nurusysyifa
Editor : Nisa’a Nurusysyifa

DISWAYJOGJA - Makanan khas Padang ataupun Sumatera Barat sudah sangat populer di Indonesia.

Bahkan, rumah makan padang dapat ditemui di berbagai daerah yang kita kunjungi.

Selain rendang yang dinilai sebagai makanan terenak di dunia, ada pula makanan khas Minang alias Sumatera Barat lain yang sayang untuk dilewatkan. 

Penasaran untuk mencicipinya? Berikut rekomendasi kuliner Minang selain rendang:

1. Sate Padang

Berbeda dengan daerah lain, Sate Padang hadir dalam tiga jenis, yakni sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman. Selain berbeda daerah asalnya, ketiga sate tersebut juga hadir dalam sajian bumbu kacang yang berbeda.

Sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur. Sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah. Sedangkan, sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate yang berwarna kuning.

Namun ketiganya memiliki rasa yang tidak boleh untuk kamu lewatkan.

2. Dendeng Balado

Selain rendang dan sate padang, kamu juga wajib menyantap dendeng balado. Makanan yang terbuat dari daging sapi ini dibuat dalam bentuk irisan tipis, lalu digoreng, dan dilumuri dengan bumbu balado yang kaya akan rempah dan cita rasa kuat.

3. Itiak Lado Mudo

Kuliner dari olahan daging bebek ini merupakan salah satu kuliner khas dari daerah Agam, Sumatera Barat. Hadir dalam rasa pedas dan gurih, itiak lado mudo disebut-sebut sebagai menu favorit wisatawan lokal hingga mancanegara, lho. 

Nah, jika kamu pergi ke Ngarai Sianok, wajib sekali menyantap kuliner satu ini, ya. Di sana ada sebuah rumah makan yang menyajikan itiak lado mudo sebagai menu utamanya dan selalu ramai pengunjung. Sambil menyantap itiak lado mudo yang lezat, kamu juga bisa melihat pemandangan Ngarai Sianok yang memesona.

4. Gulai Gajeboh

Makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah gulai gajeboh.

Hidangan ini terbuat dari daging sapi bagian punuk yang biasanya memiliki banyak gajih (lemak). Sesuai namanya, makanan khas Sumatera Barat ini dilengkapi dengan kuah gulai pada umumnya.

Campuran rasa asam pareh dan santan berpadu menjadi satu. Selain rasa gurih dari lemak pada daging, ada sedikit rasa pedas yang dihasilkan dari kuah ini, sehingga terasa lebih nikmat.

6. Ayam Pop

Pecinta masakan Padang sudah pasti tidak asing dengan makanan khas Sumatera Barat berikut ini.

Ayam pop yang gurih ini terbuat dari ayam kampung, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam, dan jeruk nipis, ditambah santan.

Ciri khas dari makanan ini yakni ditambah sambal cabai merah. Umunnya bagian pilihan yang disajikan pada warung Padang yakni bagian paha dan dada.

7. Galamai

Galamai mirip dengan dodol atau jenang, sehingga bahan-bahan yang digunakan pun hampir mirip, seperti tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah.

Bedanya ada pada taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, yang menciptakan cita rasa baru dan berbeda dibanding kedua olahan dari Jawa tersebut.

8. Gulai Banak

Dari segi bumbunya, gulai banak yang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat ini memang tidak jauh berbeda dengan gulai pada umumnya. 

Namun jika biasanya gulai menggunakan daging sapi atau ayam, maka gulai banak memilih menggunakan bahan dari otak sapi. Sehingga memberikan tekstur yang lembut dan juga lezat.

9. Lamang

Lamang merupakan olahan ketan yang dicampur dengan santan. Ketan tersebut akan dibungkus dengan daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu untuk selanjutnya dibakar. 

10. Sala Lauak

Salah satu camilan Minang yang sangat menggoda untuk dicoba adalah sala lauak. Kuliner yang satu ini adalah gorengan khas Pariaman. 

Karena berbentuk bulat, banyak juga yang menyebut jajanan ini mirip dengan combro dari Jawa Barat. Bedanya, sala lauak tidak menggunakan oncom, melainkan teri atau udang halus. Gorengan ini memiliki tekstur renyah di bagian luar, tapi lembut di bagian dalamnya.

 

Tertarik untuk mencoba? siap-siap untuk ketagihan yaa.

 

Kategori :