4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli AC Second

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli AC Second

AC Split Adalah--freepik.com

DISWAY JOGJA – AC second menjadi primadona tersendiri. Kondisi barang yang beragam dan harganya yang terjangkau menjadi daya tariknya. Tak heran jika barang bekas memiliki pasarnya tersendiri yang diperantarai melalui toko maupun sosial media.

AC second umumnya dijual dengan harga yang lebih miring dibandingkan harga barunya. Kualitas yang ditawarkanpun beragam, tergantung alasannya dijual. Ada yang dijual karena butuh uang (BU), pindah rumah, rusak, sampai ganti unit baru.

Dengan berbagai latarbelakang menjual ac tidak menjadi jaminan kondisi unit dalam keadaan yang baik. Sebaiknya menjadi pembeli yang teliti sebelum membeli, karena membeli barang second tidak sama membeli unit baru dari toko atau dealer.

Oleh karena itu, perlunya perhatikan 4 hal berikut sebelum membeli unit ac second agar tidak menyesal dikemudian hari.

 

4 Hal Perlu Diperhatikan

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Standing Paling Dingin untuk di dalam Rumah

 

1. Pastikan Kondisi Unit

Jika bisa, belilah unit ac bekas pada pemilik sebelumnya langsung tanpa melalui perantara. Tujuannya agar sebelum membeli merasakan kondisi ac ketika masih berfungsi dan menempel pada dinding. Sehingga dapat merasakan performanya dalam mendinginkan ruangan.

Jika tidak bisa, maka pastikan unit ac dapat beroprasi dengan menyalakannya pada ruangan sesuai dengan kapasitas mesinnya. Jika ac dapat mendinginkan ruangan dengan baik selama satu jam sesuai dengan spesifikasinya, maka layak menjadi kriteria anda.

Namun jika ruangan tak kunjung dingin, patut diwaspadai jika ac bekas yang akan dibeli telah memiliki masalah pada dapur pendinginan. Jika demikian bisa dicari permasalahannya beserta perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki.

Sehingga ketika unit ac bekas sampai di rumah, langkah yang diambil jelas. Apakah perlu dicuci dulu unit ac bekas yang dibeli atau justru memerlukan servis mendalam. Jadi hal ini penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: