Klara Tania: Konten Kreator yang Sukses Berkat Berbagi Produk Shopee Lewat Program YouTube Shopping Affiliates
Klara Tania, konten kreator sukses beli rumah berkat berbagi rekomendasi produk Shopee lewat Program YouTube Shopping Affiliates-shopee-
JAKARTA, diswayjogja.id - Profesi konten kreator kian menjadi pilihan yang menjanjikan di era digital, tak hanya sekadar hobi, konten kreator terbukti bisa menjadi sumber pendapatan utama.
Menurut laporan Digital 2024: Indonesia oleh We are Social, lebih dari 185 juta orang Indonesia atau 66% total populasi di Indonesia telah terhubung dengan internet.
Data tersebut menunjukkan besarnya potensi Indonesia sebagai pasar bagi industri konten kreator, dan salah satu konten kreator yang berhasil mencapai kesuksesan di industri ini adalah Klara Tania.
Sebagai salah satu YouTuber, Klara mengatakan pendapatan YouTube-nya meningkat drastis sejak mengikuti YouTube Shopping Affiliates, program kerja sama YouTube dan Shopee yang baru diluncurkan di September 2024.
BACA JUGA : Kisah Sukses Bonavie: Parfum Lokal yang Merasakan Peningkatan Bisnis Melalui Shopee Live
Sejak menjadi seorang YouTuber, dia mengaku banyak cita-citanya yang bisa tergapai. Klara mengatakan, “Aku bersyukur YouTube betul-betul mengubah hidupku. Aku bisa mendapat berbagai kerja sama dengan brand, traveling ke tempat yang aku inginkan, bahkan mewujudkan impianku membeli rumah."
Sukses Bangkit Setelah Dihantam Pandemi
Perjalanan Klara menjadi konten kreator dimulai dari situasi yang penuh tantangan. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran ini sebelumnya memiliki bisnis online di bidang florist dan produk custom yang ia mulai saat kuliah.
Namun, pandemi COVID-19 memaksanya menutup bisnis tersebut. "Karena acara graduation, lamaran, dan event offline lainnya dilarang untuk diadakan, jadi pesanan bunga hampir tidak ada," ungkap Klara.
Saat menganggur, Klara banyak menghabiskan waktu menonton video pendek di rumah. Berangkat dari kebosanannya, ia pun mulai memberanikan diri membuat konten.
BACA JUGA : Manfaatkan Shopee Live, Brand Lokal True to Skin Melesat Naik di Pasaran, Jadi Produk Skincare Paling Dicari
BACA JUGA : Brand Batik Tradisional Asal Bandung, Dama Kara Sukses Berjualan Lewat Shopee Live, Berdayakan Difabel
Awalnya, Klara membuat video cerita horor dan review film. Hanya dalam tiga hari, salah satu videonya berhasil meraih 5 juta views dan menggaet lebih dari 40 ribu pengikut.
"Setelahnya, aku putuskan untuk betul-betul tekun membuat video, setiap hari posting 1-3 video pendek. Banyak pengikutku yang request agar aku bikin video lebih panjang di YouTube. Akhirnya, Juni 2021 aku mulai aktif di YouTube dengan berbagai konten seperti tutorial, unboxing, vlog, dan cerita horor," jelas Klara.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: shopee