Kibarkan Eksistensi Yogyakarta di Ranah Dunia Lewat Festival Batik

Kibarkan Eksistensi Yogyakarta di Ranah Dunia Lewat Festival Batik

Keseruan acara Festival Batik 2024-jogjaprov.go.id-

diswayjogja.com – Lewat festival batik yang sempat terjadi pada tanggal 18 Oktober 2024 menjadi gebrakan baik. Eksistensi Yogyakarta semakin meningkat lewat batik yang merupakan mahakarya Nusantara.

Bahkan, batik Indonesia diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Ternyata mengadakan festival batik punya dampak baik terhadap Indonesia.

Adanya festival batik menjadi peringatan hari batik Nasional yang dilakukan sebagai acara tahunan. Bersama Pemda Yogyakarta dengan Disperindag Yogyakarta, acara berlangsung di Atrium Jogja City Mall (JCM) Yogyakarta.

Acara yang ada berlangsung dari hari Jumat tanggal 18 Oktober 2024 sampai hari Minggu 20 Oktober 2024. Dengan festival batik bertema “Batik Menembus Batas Global” banyak kegiatan seru yang di dalamnya.

Lomba yang ada pada festival batik

Syam Arjayanti selaku Kepala Disperindag DIY memaparkan adanya acara festival batik 2024 banyak keseruan. Mulai dari lomba desain batik, dan lomba desain fashion batik.

Termasuk dengan lomba fashion show, yang didampingi dengan live music. Gak cuma itu, ada parade tari, business matching, sampai pameran batik. Seru bukan?

Termasuk dengan acara business matching yang sudah dikuti lebih dari 100 peserta para industrri kecil menengah. Para IKM batik dan instansi industri kecil lainnya sangat terbantu adanya festival ini.

BACA JUGA : Pembangunan Tol Joga-Solo-YIA Berdampak Hilangnya Gerbang SMP N 3 Gamping

BACA JUGA : Warga Bong Suwung Jogja Bongkar Rumahnya Sendiri Tanpa Bantuan Alat Berat

Beberapa narasumber dari business matching seperti Jogja Pasaraya, Mirota Batik. Sampai Krisna toko oleh oleh yang ada di Yogyakarta turut meramaikan festival batik.

Sedangkan untuk fashion show berlangsung dari awal acara tanggal 18 sampai tanggal 20 Oktober 2024. Menampilkan karya 17 desain dari lomba desain batik untuk fashion show.

Pastinya hal tesebut dilakukan kerjasama dengan desainer fashion batik dan IKM batik. Untuk acara ini di dukung beberapa sekolah kejuruan Batik di wilayah Yogyakarta termasuk Sekar Jagad.

Dan ada 20 nominator dari lomba desain batik yang diikuti oleh 33 peserta. Di mana, setiap lomba ada  kategori penghargaan seperti juara 1, 2, 3 serta juara harapan 1, harapan 2, dan harapan III.

Selama 3 hari acara, Disperindag menargetkan ada transaksi sebesar 500 ribu rupiah untuk pata IKM batik. Di mana pameran batik menjadi tujuan utama dari festival batik 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogjaprov.go.id