3 Sendratari yang Dapat Ditonton di Kawasan Candi Prambanan, Penggemar Budaya Wajib Merapat

3 Sendratari yang Dapat Ditonton di Kawasan Candi Prambanan, Penggemar Budaya Wajib Merapat

Sendratari Rayamana Ballet Prambanana-klook.com-

2. Shinta Obong

Kisah Ramayana tidak berhenti ketika Shinta telah ditemukan Rama dan kembali ke kerajaan Ayodhya. Rama dan rakyat Ayodhya justru meragukan kesucian Shinta selama diculik Rahwana di kerjaan Alengka. 

Untuk membuktikan kesetiaan Shinta kepada Rama, Shinta diharuskan melakukan sumpah obong. Alkisah Shinta terbukti setia kepada Rama karena selamat dari kobaran api. 

Shinta Obong melibatkan penonton dalam proses pemberkatan sebelum pertunjukan atraksi api yang mendebarkan sekaligus memukau. 

Shinta Obong digelar outdoor di Prambanan Riverfront, sisi barat Candi Prambanan setiap hari Jumat dengan durasi pertunjukan selama dua jam, mulai dari 17.30-19.30 WIB.

Harga tiket untuk menonton sendratari Shinta Obong seharga Rp300.000, sudah termasuk dinner dengan menu lokal.

BACA JUGA : Jadwal dan Rute Berangkat Bus Damri Jogja Hari Ini, Cek Jangan Sampai Ketinggalan

BACA JUGA : Mengenal Sekar Jagad: Motif Batik Yogyakarta yang Memiliki Keindahan dan Keunikan

3. Roro Jonggrang

Dibalik megahnya Candi Prambanan, terdapat legenda lokal yang menyelimuti asal muasal terbentuknya bangunan tersebut, yaitu kisah Bandung Bondowo yang membangun 1000 candi dalam sehari sebagai syarat meminang Roro Jonggrang.

Meskipun terdengar mustahil, namun ternyata Bandung Bondowoso dipastikan bisa menyelesaikan pembangunan 1000 candi tepat waktu dengan bantuan pasukan jin.

Namun, Roro Jonggrang menggunakan cara licik untuk menggagalkan usaha Bandung Bondowoso sehingga hanya bisa menyelesaikan 999 candi saja.

Karena kelicikannya itulah, akhirnya Roro Jonggrang dikutuk sebagai salah satu arca untuk menggenapkan 1000 candi tersebut.

Sendratari Roro Jonggrang digelar indoor di Panggung Trimurti setiap hari Jumat dengan durasi pertunjukan selama satu jam (19.30-20.30 WIB). 

Sementara untuk harga tiket menonton sendratari Roro Jonggrang ini terdiri dari 3 kelas, mulai dari Rp100.000 hingga Rp250.000. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.idntimes.com