Wisata Terbaru 2024 Museum Affandi Jogja : Jelajahi Goresan Karya Dan Cinta

Wisata Terbaru 2024 Museum Affandi Jogja : Jelajahi Goresan Karya Dan Cinta

Indahnya bangunan Museum Affandi -travel.okezone.com-

Banyaknya karya tekumpul setelah beliau terjun di dunia seni lukis. Dan Museum Affandi menjadi karya dan sejarah goresan perjalanan karir Affandi dan juga kehidupan pribadinya.


Makam Affandi dan Maryati dalam Museum Affandi-telusuri.id-

Tahap pembangunan

Terdiri dari 4 galeri yang ada di Museum Affandi, khusus karya Affabdi ada di galeri 1, dan galeri 2. Pada galeri 3 menjadi pajangan karya seni anak dan cucuknya.

Sedangkan pada galeri 4 yang dikenal dengan studio Gajah Wong merupakan tempat workshop. Selain itu, ada juga karya dari cucuk Affandi bernama Didit Slenthem.

Galeri ini dibangun dalam waktu yang berbeda, pastinya semasa Affandi masih hidup beliau membangun galerinya sendiri. Di Galeri 1 selesai pada tahun 1962, dan untuk galeri 2 baru di resmikan pada tahun 1988. 

Pada Museum Affandi galeri 2 dengar dengar bisa terwujud dengan bantuan dana pemerintah. Namun sayangnya pada tahun 1990 Seniman Affandi Meninggal dunia.

Akhirnya pada tahun 2000 Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan galeri 3. Dan galeri 4 sendiri dibangun pada tahun 2002 an.

BACA JUGA : Explore Wisata Terbaru 2024 Kaliurang Jogja : 10 Destinasi Populer Dan Menawan

BACA JUGA : Destinasi Wisata Terbaru 2024 : Cagar Budaya Museum Sonobudoyo

Kisah cinta Affandi yang abadi

Pada galeri 1 seniman Affandi menunjukkan kecintaannya di dunia. Mulai dari benda benda peninggalan semasa hidupnya, patung yang ada, sampai goresan cinta Affandi terhadap istrinya.

Menjadi cinta pertama dan terakhir, menikah di usia muda dan anak pertama berhasil menjadi seniman hebat. Pada galeri 1 menggambarkan tentang cintanya ke istri, anak, serta keluarga.

Lanjut di galeri ke 3, ada video Affandi ang berucap jika "Maryati is my one and only. I love her from the deepest of my heart. She’s my wife and my forever love”. 


Deretan Karya pada Galeri I dan Galeri III temasuk ruang video-Widhia kumala Sari-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: gregahmuseum.jogjaprov.go.id