Explore Wisata Terbaru 2024 Jogja : Pantai Parangkusumo, Indah Dan Penuh Legenda

Explore Wisata Terbaru 2024 Jogja : Pantai Parangkusumo, Indah Dan Penuh Legenda

Upacara Lbuhan diPantai Parangkusumo Bantul jogja-bantulkab.go.id-

Adanya tebing karst yang tinggi di bagian Timur membuat aktivitas paralayang berhenti di Pantai Parangkusumo. Bisa menikmati pantai dari ketinggian sekaligus memicu adrenalin dri.

- Ada ritual upacara labuhan

Upacara Labuhan biasanya terjadi saat bulan Ruwah di kalender Jawa. Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur dan perlinungan yang diberikan ke Keraton Jogja.

Konon, ritual ini menjadi simbol ikaran kekuasaan Keraton jogja dengan penguasa laut selatan. Dalam upacara Labuhan ada sesajen barang pribadi yang diberikan dari Sri Sultan Keraton jogja.

Seperti jarik, kuku, surjan, sampai hasil bumi dan makanan khas yang ada. Itu di jadikan sesajen dalam upacara labuhan. Sebelum upacara terjadi, ada ritual yang dilakukan dalam Kompleks Cepuri.

Akan ada doa yang dipanjarkan sebelum akhirnya diarak ke bibir pantai. Setelahnya, sesajen itu dihanyurkan dan akan diperebutkan pengunjung yang mencari berkah. 

Menurut legenda, upacara labuhan sudag dilakukan sejak Panembahan Senopati bertemu dengan Ratu Kidul. Dan ini menjadi budaya serta warisan yang dilanjutkan.

- Ada upacara melasti

Umat Hindu yang ada di Jogja pasti melakukan upacara melasti sebelum nyepi berlangsung. Normalnya 3 atau 4 hari sebelum hari nyepi dengan tujuan pembersihan diri.


Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo bagi Umat Hindu-foto.tempo.co-

Normalnya dilakukan pada siang hari jam 2 dengan melaring sesajen ke laut. Dilrngkapi dengan tarisn indah dan banyaknya orang menggunakan busana khas Bali.

Semua itu sebagai bentuk membuang keburukan yang melekat dalam diri. Ini cara Umat Hindu menyambut tahun barunya dengan jiwa yang baru serta bersih.

BACA JUGA : Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 Jogja, Hits Dan Populer

BACA JUGA : Penginapan Murah Terdekat Rp100 Ribuan Di Beberapa Titik Jogja, Liburan Makin Hemat

Baik dari alam yang indah dan eksotis, Pantai parangkusumo berhasil menjado explore wisata terbaru 2024. Dengan daya tarik yang kuat dan legenda yang melekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: gudangjogja.id