Pengembangan Wisata Brebes Lesu, Dinbudpar Bentuk Tim Kreatif Promosi Untuk Genjot Potensi

Pengembangan Wisata Brebes Lesu, Dinbudpar Bentuk Tim Kreatif Promosi Untuk Genjot Potensi

FGD - Akademisi UPS menjadi narasumber dalam FGD dan pembahasan Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif Brebes, Selasa (10/9/2024).-Syamsul Falaq/ RATEG-

diswayjogja.com - Belum maksimalnya pengembangan sektor wisata di Kabupaten Brebes, direspon serius Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Bahkan, Tim Kreatif Promosi tingkat kabupaten akan segera dibentuk untuk menggenjot potensi wisata.

Komitmen tersebut, terungkap saat Penyusunan Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Brebes 2024, Selasa (10/9).

Bertempat di Aula Kantor Dinbudpar Brebes, kegiatan itu juga diisi Focus Group Discussion Pengembangan Promosi Wisata Kabupaten Brebes. Pesertanya, dari penggiat Daerah Tujuan Wisata, Pokdarwis, perwakilan OPD dan stakeholder terkait.

Termasuk, konten kreator, pengelola tempat wisata dan hiburan serta perwakilan awak media.

BACA JUGA : Bangkitkan Sektor Pariwisata Brebes dengan Konsep Segitiga Emas

Kepala Dinbudpar Brebes Eko Supriyanto mengungkapkan, berdasarkan evaluasi pemetaan potensi dan sektor wisata di Kabupaten Brebes diakui masih lemah.

Bahkan, kurangnya komunikasi dan koordinasi antar pelaku usaha wisata masih sangat lemah. Sehingga, banyak faktor kendala yang membutuhkan urun rembug dalam mencari solusi bersama.

"Untuk menjembatani kompleksnya pengelolaan promosi wisata Brebes, kami akan segera membentuk tim kreatif promosi wisata sebagai wadah memberikan solusi menggenjot potensi wisata," terangnya kepada awak media.

Melalui pembentukan tim kreatif promosi wisata, lanjut Eko, besar harapannya bisa mendongkrak semua potensi wisata. Termasuk, mengakomodir sekaligus memberikan wadah bagi semua pelaku usaha sektor wisata. Fokusnya, menyatukan visi misi dalam pengelolaan pengembangan potensi yang dimiliki.

BACA JUGA : 15 Posko Kesehatan Disiagakan 13 Hari, Tersebar di Jalur Mudik dan Obyek Wisata Brebes

"Yakni, melakukan validasi pemetaan sektor wisata untuk dikembangkan. Selain itu, semua usulan dan potensi Daerah Tujuan Wisata akan dikembangkan dengan konsep kesatuan berkelanjutan. Artinya, semua sektor wisata tumbuh dan berkembang bersama," jelasnya.

Eko Supriyanto menuturkan, berdasarkan mapping sektor wisata di Kabupaten Brebes tercatat ada 43 Daya Tarik Wisata. Namun, hanya 4 DTW yang memiliki platform media sosial sebagai wadah promosi.

"Sehingga, dengan terbentuknya tim kreatif promosi wisata harapannya bisa lebih mendongkrak potensi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: