Ngontrak Atau Pengajuan KPR Untuk Pasangan Muda, Begini Penjabarannya

Ngontrak Atau Pengajuan KPR Untuk Pasangan Muda, Begini Penjabarannya

kontrak atau pengajuan kpr?-freepik-

- Usahakan memiliki properti dengan tujuan yang kuat. Jika memang finansial belum terlalu kuat, bisa dengan ngontrak yang bikin fleksibilitas keuangan berjalan.

- Dalam pembelian rumah wajib sadar diri, artinya tidak ada hal yang bisa dipaksakan. Memahami keuangan pribadi bisa jadi penyelamat kehidupan di masa depan. 

- Waktu pemilihan lokasi properti baik ngontrak atau beli, usahakan cari yang tata letaknya strategis. Selain itu, dekat dengan fasilitas umum, entah itu warung, klinik, dan lain sebagainya.

- Jika ingin mengajukan kpr, sebisa mungkin sudah ada dana untuk uang muka properti. Tujuan dari adanya uang muka yang besar, nantinya cicilanjadi lebih ringan karena beban berkurang.

- Pahami rasio angsuran yang tidak boleh lebih dari 30% dari penghasilan yang didapat. Hal ini akan berpengaruh terhadap keberlanjutan hidup.

- Usahakan sudah memperhitungkan keseluruhan secara matang. Seperti pajak yang akan dipertanggung jawabkan, biaya pemeliharaan properti, sampai angsuran yang gak boleh dilewatkan.

- Melakukan survei suku bunga dari berbagai bank untuk membandingkan. Ambil keputusan yang menguntungkan diri dari banyaknya penawaran yang datang.


Sewa rumah atau beli rumah dengan program kpr?-freepik-

BACA JUGA : Solusi Restrukturisasi KPR 2024, Begini Lengkapnya

BACA JUGA : Pengajuan KPR 2024, Pahami Istilah Berikut Agar Tidak Keliru

Tips beli rumah kpr :

- Mulai menghemat pengeluaran

Dengan membatasi pengeluaran yang ada sudah menjadi patokan untuk menjadikan dana tetap aman. Menerapkan pengeluaran uang hanya untuk kebutuhan bukan keinginan agar dana tidak terbuang sia sia.

Usahakan anggaran yang keluar hanya untuk kebutuhan utama tanpa perlu kemewahan diri. Sadar diri menjadi hal penting untuk sadar finansial.

- Biasakan menabung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube cnbc