Mengenal Komponen Merek AC Terbaik: Fungsi dan Cara Kerja Menghasilkan Udara Dingin

Mengenal Komponen Merek AC Terbaik: Fungsi dan Cara Kerja Menghasilkan Udara Dingin

Beberapa Komponen Merek AC Terbaik Dari Fungsi dan Cara Kerja Hingga Menghasilkan Udara Dingin-LightFieldStudios-iStockphoto

Komponen satu ini berfungsi untuk mengtur suhu ruangan. Thermistor akan memberikan sinyal kepada PCB untuk memutus arus listrik saat suhu ruangan sudah sesuai dengan suhu pada remote.

6. Filter Udara

Fungsi filter udara pada AC untuk menyaring kotoran atau debu yang ada di dalam ruangan, sehingga tidak langsung masuk dalam bagian evaporator.

Filter ini juga merupakan bagian yang harus kamu rawat dan cuci secara berkala supaya tidak menumpuk banyak debu.

Unit Outdoor

1. Kompresor

Komponen pertama dalam sebuah unit outdoor yang penting adalah kompresor. Komponen memiliki tugas paling vital, karena komponen tersebut mensirkulasikan, mengedarkan, dan memompa gas freon ke seluruh bagian AC.

Dimana pada sirkulkasi tersebut terdapat proses tersebut perubahan freon dari cair menjadi gas dan sebaliknya.

2. Kondensor

Fungsi kondensor pada sebuah merek AC terbaik yaitu sebagai penukar kalor untuk mengubah refrigerant dari gas menjadi cair dan menurunkan suhu temperatur pada refrigerant.

Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigerant dilepaskan ke udara dengan bantuan kipas motor. Itulah sebabnya ketika kamu berdiri didekat outdoor AC akan merasakan hawa panas.

BACA JUGA : Penyebab Kebocoran Merek AC Terbaik Perlu Diwaspadai, Cek Disini

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek AC Terbaik yang Efektif Saat Cuaca Panas

3. Kapasitor

Kapasitor berfungsi sebagai penggerak utama kompresor. Menyimpan energi listrik sebelum digunakan untuk mengaktifkan kompresor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@aiochannel