Mengenal Komponen Merek AC Terbaik: Fungsi dan Cara Kerja Menghasilkan Udara Dingin

Mengenal Komponen Merek AC Terbaik: Fungsi dan Cara Kerja Menghasilkan Udara Dingin

Beberapa Komponen Merek AC Terbaik Dari Fungsi dan Cara Kerja Hingga Menghasilkan Udara Dingin-LightFieldStudios-iStockphoto

Motor fan berfungsi untuk menggerakkan kipas dan kipas ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin yang dikeluarkan dari evaporator.

Apa akibatnya jika motor fan tidak berfungsi? Tentu udara dingin yang dihasilkan evaporator tidak dapat dihembuskan dengan baik ke seluruh ruangan. Akibatnya, terjadi pembekuan pada evaporator.

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Ingin Awet, Dingin dan Tetap Hemat, Lakukan Tips Berikut

BACA JUGA : Ingin Membeli Merek AC Terbaik Baru, Simak Istilah Berikut Agar Tidak Salah

3. PCB (Printed Circuit Board)

Komponen selanjutnya adalah PCB atau modul. Ini merupakan komponen yang relatif cepat rusak.

Karena ini adalah komponen listrik dimana ketika kamu memencet instruksi pada sebuah remote control, PCB inilah yang menerima dari sinyal tersebut. Yang kemudian akan dilanjutkan ke komponen-komponen lain.

Semua sistem kelistrikan pada indoor berpusat pada bagian ini. Sehingga sangat dianjurkan berhati-hati ketika membersihkan atau mencuci rutin AC agar bagian PCB ini jangan terkena air.

Ini sebabnya kenapa PCB relatif lebih cepat rusak. AC dengan jenis non inverter umumnya memiliki satu buah PCB pada unit indoor saja.

Namun, untuk merek AC terbaik jenis inverter terdapat dua buah PCB yang maisng-masing pada unit indoor dan unit outdoor.

4. Remote Control

Ini adalah alat yang menjadi perantara antara kamu sebagai pengguna dan unit AC indoor-nya. Dimana kamu bisa melakukan untuk mematikan atau menyalakan mengatur suhu, kecepatan fan, dan fitur-fitur lainnya.

BACA JUGA : Kapan Waktunya Cuci Merek AC Terbaik, Simak Beberapa Tanda Pentingnya Disini

BACA JUGA : 5 Tips Penting Mengatur Posisi Merek AC Terbaik Kamar Tidur, Jangan Sampai Salah

5. Thermistor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@aiochannel