Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Air Panas

Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Air Panas

cara membersihkan merek mesin cuci terbaik menggunakan air panas-aishazeyn-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang membantu kita mencuci pakaian dengan mudah dan efisien, sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Meskipun begitu, kita sering lupa bahwa merek mesin cuci tebaik juga perlu perawatan yang baik supaya bisa tetap berfungsi secara optimal.

Merek mesin cuci terbaik merupakan lingkungan yang kondisinya lembap dan sering basah, sehingga membuatnya jadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri, jamur, dan kerak sisa sabun.

Tanpa melakukan perawatan yang tepat, masalah seperti bau yang tidak sedap, noda yang ada pada pakaian, dan bisa muncul kerusakan pada merek mesin cuci terbaik.

BACA JUGA : 9 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Akan Rusak

BACA JUGA : Tips Dan Trik Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah Dan Efektif

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik agar kualitas dari cucian bisa terjaga dan usia pakai mesin cuci juga jadi lebih panjang.

Membersihkan merek mesin cuci terbaik dengan air panas bisa dilakukan tergantung pada tujuan pembersihan dan jenis dari mesin cuci yang kamu miliki.

1. Bagian Luar Mesin Cuci

Untuk membersihkan pada bagian luar dari mesin cuci, seperti permukaan mesin cuci dan pegangannya, air yang panas biasanya aman dipakai.

Kamu bisa campurkan sedikit deterjen yang ringan dengan air yang panas untuk membersihkan kotoran dan noda yang mungkin menempel di mesin cuci.

Pastikan kamu gosok permukaan secara lembut dengan memakai spons atau kain lembut supaya tidak merusak lapisan di luar mesin.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Hemat Listrik

BACA JUGA : Faktor Penyebab Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah Dan Cara Mengatasinya

2. Bagian Dalam Mesin Cuci

Ini merupakan bagian yang lebih sensitif. Untuk membersihkan di bagian dalam mesin cuci, terutama pada bagian drum mesin cuci, pemakaian air panas tidak selalu disarankan.

Sebagian besar dari mesin cuci modern dibuat untuk memakai air suhu yang sesuai dengan jenis cucian. Penggunaan air ynag panas secara berlebihan bisa merusak komponen yang ada dalam mesin cuci.

Selain itu, air panas juga tidak selalu efektif untuk membersihkan kerak sabun dan residu deterjen . Untuk membersihkan di bagian dalam mesin cuci, terdapat metode yang lebih aman dan lebih baik yang dapat kamu pertimbangkan.

Terdapat beberapa cara yang aman dan efektif untuk membersihkan mesin cuci kamu tanpa memakai air panas yang berlebihan :

1. Membersihkan Drum dan Bagian Dalam

- Pakai Asam Sitrat

Asam sitrat meurupakan bahan alami yang efektif menghilangkan mineral dan kerak sabun yang menumpuk dalam mesin cuci.

Kamu bisa menemukan asam sitrat pada bentuk bubuk ataupun cairan yang dijual di toko bahan kimia rumah tangga. Caranya, campur air yang hangat dengan asam sitrat, kemudian jalankan siklus mencuci kosong di mesin cuci kamu.

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : Cara Menyambung Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Kurang Panjang

- Pakai Cuka Putih

Campurkan air hangat dengan cuka putih lalu jalankan siklus pencucian kosong. Pastikan kamu ikuti petunjuk yang benar dan untuk menghilangkan bau cuka, cuci menggunakan air biasa setelahnya.

2. Membersihkan Laci Deterjen

Laci deterjen juga dapat menjadi tempat untuk jamur dan kerak sabun. Selain membersihkan menggunakan air yang hangat dan deterjen, kamu juga dapat melepasnya dan membersihkannya secara keseluruhan.

3. Membersihkan Saringan

Saringan pada mesin cuci merupakan tempat kotoran dans erpihan sering menumpuk. Kamu bisa membersihkannya dengan teratur dengan cara mengeluarkannya dan membersihkannya menggunakan sikat yang lembut dan air biasa.

4. Membersihkan Karet Pintu

Pada karet pintu mesin cuci sering jadi lokasi untuk tumbuhnya jamur. Kamu bisa bersihkan menggunakan detergen dan air hangat, kemudian kamu keringkan menggunakan handuk bersih.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyetrum dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Pakaian Yang Tidak Boleh Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memebrsihkan merek mesin cuci terbaik yang tepat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id