Panduan Memasang Kabel Kompresor Merek Kulkas Terbaik, Begini Caranya

Panduan Memasang Kabel Kompresor Merek Kulkas Terbaik, Begini Caranya

Panduan Memasang Kabel Kompresor Merek Kulkas Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kerusakan yang terjadi sekecil apa pun itu pada alat elektronik seperti merek kulkas terbaik tentu akan membuat kamu jadi panik dan merasa jengkel. Hal itu karena kehadiran barang elektronik tersebut mempunyai fungsi vital untuk mendukung kegiatan kita sehari-hari.

Tetapi, sebenarnya kerusakan minor yang terjadi pada merek kulkas terbaik bisa ditangani dengan mandiri apabila kamu telah memahami tekniknya, salah satunya adalah cara memasang kabel kompresor pada kulkas.

Kompresor merek kulkas terbaik memiliki kemampuan untuk mendinginkan kulkas. Oleh karena itu, kerusakan yang terjadi pada kompresor harus cepat diatasi agar tidak mengganggu fungsi dari kulkas.

Keadaan kerusakan yang ringan pada kabel kompresor tidak memerlukan proses perbaikan yang rumit atau keluar biaya yang besar. Apabila kamu ingin mempelajari cara pasang kabel kompresor merek kulkas terbaik, simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA : Faktor Penyebab Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah Dan Cara Mengatasinya

Tips memilih kabel kompresor untuk kulkas :

Meski gangguan pada kabel kompresor termasuk kerusakan yang ringan, namun kamu harus tetap mengatasinya dengan cara yang benar agar tidak mengakibatkan kerusakan yang parah.

Biasanya, kabel kompresor akan rentan rusak jika masa pakai kulkas sudah sangatlama atau akibat dari gigitan tikus.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih kabel kompresor kulkas :

1. Utamakan beli kabel yang berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Lembaga Masalah Ketenagalistrikan (LMK) adalah bukti valid bahwa produk kabel mempunyai kualitas sudah teruji.

Jadi, sebaiknya kamu memilih kabel kompresor kulkas yang sudah dilengkapi label tersebut. Harganya mungkin akan lebih mahal daripada kabel yang sama tapi tidak memiliki label, namun mutu dan ketahanannya akan sebanding dengan harganya.

2. Pilih ukuran kabel kompresor kulkas yang tepat, karena pada umumnya, kabel kompresor kulkas ukurannya kurang lebih 70 cm. Jika kamu butuh panjang kabel yang beda, maka kamu harus lebih teliti ketika memilih, khususnya bila kamu beli kabel lewat online.

BACA JUGA : 6 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Beserta Keunggulannya

3. Perhatikan lapisan PVC pada permukaan kabel untuk memastikan bahwa karakter bahannya sudah kuat, elastis, dan tidak gampang mengelupas. Kualitas lapisan PVC permukaan kabel sangat menentukan tingkat ketahanan dan keamanannya saat digunakan.

4. Utamakan merek kabel yang sudah teruji kualitasnya seperti dari merek yang populer bila keadaannya memungkinkan. Agar kamu tidak khawatir dengan keamanannya.

Cara memasang kabel kompresor kulkas sendiri :

Kamu tidak perlu panik dalam menghadapi kerusakan pada kompresor merek kulkas terbaik bila yang rusak cuma kabelnya saja.

1. Putus aliran listrik kulkas untuk memastikan kalau keadaan kulkas sudah aman ketika kamu akan membongkarnya.

2. Amati komponen kabel kompresor kulkas dengan teliti. Kabel yang rusak biasanya akan terlihat terkelupas atau bahkan putus. Lakukan langkah ini sambil siapkan kabel yang baru yang akan dipasang.

BACA JUGA : 5 Tips Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis

3. Sambung soket kabel yang baru pada kompresor kulkas. Kamu harus pastikan jika posisi kutubnya (negatif dan positif) telah ada di posisi yang tepat.

4. Cek lagi setiap bagian kompresor secara menyeluruh, termasuk pada lampu indikator dan pengatur suhunya. Langkah ini penting dilakukan karena kerusakan pada kabel pengatur suhu juga perlu segera diatasi supaya tidak memperngaruhi pada performa kulkas.

5. Jika kamu telah selesai melakukan pemeriksaan, segera sambungkan kulkas pada aliran listrik. Tunggu beberapa jam untuk mengidentifikasi suhu kulkas apakah telah kembali dingin seperti biasanya atau tidak. Kulkas yang berfungsi dengan normal akan menunjukkan jika proses pemasangan kabel kompresor sudah berlangsung dengan sukses.

Itulah beberapa tips memklih kabel kompresor kulkas dan cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memasang kabel kompresor pada merek kulkas terbaikmu. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia