Anti Gerah, Berikut 6 Cara Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Paling Dingin

Anti Gerah, Berikut 6 Cara Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Paling Dingin

Cara Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Jadi Paling Dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Sebagai negara tropis di Indonesia yang memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim panas yang rasanya tidak pernah lepas dari rasa yang gerah dan lembap ini membuat penggunaan merek AC terbaik menjadi perangkat yang penting untuk menjaga kenyamanan suhu dalam ruangan.

Apalagi bagi kamu yang sensitif pada panas, pasti tidak akan pernah dapat lepas dari pemakaian merek AC terbaik. Meski memiliki fungsi yang sederhana, yaitu untuk mengatur suhu, kualitas udara, dan kelembaban.

Tetapi untuk mengatur merek AC terbaik supaya menghasilkan suhu yang paling dingin memerlukan pemahaman tersendiri. Ada beberapa langkah yang sederhana untuk mengatur AC agar suhunya menjadi paling dingin, bahkan ketika cuaca sedang sangat panas.

Mulai dari mengatur termostat dan mode pendinginan sampai dengan perawatan secara rutin. Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk mengatur suhu merek AC terbaik supaya suhunya dingin maksimal, sehingga kamu tetap nyaman dan tidak mudah terasa gerah di dalam ruangan.

BACA JUGA : 11 Cara Penggunaan Merek AC terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

1. Nyalakan AC dan Atur Termostat

Hidupkan AC dan mengatur termostat ke suhu paling rendah yang ada di dalam sistem AC kamu. Kebanyakan AC sudah dilengkapi remot untuk memudahkan pengaturan suhu. Kamu juga dapat merujuk panduan penggunaannya yang ada di paket pembelian. Karena tiap AC mempunyai sistem dan pengaturan berbeda.

2. Pilih Mode Pendinginan

AC modern biasanya mempunyai beberapa mode pengoperasiannya, seperti mode pengeringan,  mode kipas, mode pendinginan, dan mode otomatis. Pastikan untuk pilih mode pendinginan di remot atau panel pengendali ke mode pendinginan. Biasanya mode ini dilambangkan dengan simbol salju atau tulisan Cool. Mode ini juga bisa menghasilkan dingin dengan signifikan.

3. Atur Kecepatan Kipas

Atur kecepatan kipas di tingkat paling tinggi. Karena kecepatan kipas AC berpengaruh seberapa cepat dan meratanya udara dingin yang disebarkan ke semua ruangan.

4. Atur Louver atau Swing

Louver atau swing merupakan bagian dari AC yang bertanggung jawab untuk mengatur arah aliran udara. Kamu dapat mengatur louver ke bawah agar distribusi udara dingin lebih efektif.

Beberapa AC mempunyai fitur otomatis yang bisa mengayunkan louver ke berbagai arah untuk meyebarkan udara agar lebih merata. Kamu juga dapat memakai cover angin AC untuk mengatur arah udara dingin yang akan keluar.

5. Pastikan Jendela dan Pintu Tertutup

Pastikan semua jendela dan pintu yang ada di ruangan tertutup dengan rapat untuk mencegah udara panas dari luar masuk ke dalam ruangan dan mengurangi beban kerja pada AC yang berusaha untuk mendinginkan ruangan.

6. Gunakan Tirai atau Gorden

Pakai tirai penutup sinar matahari atau gorden untuk menjaga suhu ruangan agar tetap dingin dengan cara menghalangi sinar matahari atau paparan suhu yang panas masuk ke ruangan.

BACA JUGA : 6 Cara Mudah Membersihkan Filter Merek AC Terbaik, Bisa Dilakukan Sendiri

Tips memaksimalkan kinerja AC untuk mencapai suhu yang paling dingin :

1. Penggunaan Kipas Angin

Menggunakan kipas angin bersamaan dengan menggunakan AC bisa membantu udara dingin menyebar dengan lebih merata dan cepat, serta membantu mengurangi beban kerja AC.

2. Pengaturan Waktu Penggunaan

Menghidupkan AC beberapa saat sebelum kamu masuk ke dalam ruangan bisa membantu mencapai suhu yang kamu inginkan secara lebih cepat.

Beberapa AC sudah dilengkapi fitur timer sehingga membuat kamu untuk bisa mengatur waktu nyala dan mati secara otomatis, sehingga pemakaian AC jadi lebih efisien dan nyaman dipakai.

3. Isolasi Ruangan

Pastikan ruangan sudah terisolasi atau tertutup dengan baik untuk membantu menjaga suhunya tetap dingin.

Periksa apakah terdapat celah di pintu atau jendela yang mungkin dapat menjadi sumber masuknya udara panas dari luar ruangan.

Kamu juga dapat memakai penghalang debu untuk menutup tiap celah kecil yang terdapat pada pintu dan jendela.

4. Area Penempatan AC

Pastikan unit indoor AC diletakkan pada area yang tidak dihalangi oleh furnitur atau benda lain yang bisa menghambat aliran udara.

Pastikan juga agar unit blower AC kamu tidak terkena langsung sinar matahari langsung. Kamu bisa meletakkan unit blower AC di ruang jemur atau area yang semi indoor.

5. Hindari Penggunaan Perangkat Elektronik

Komputer, televisi, dan lampu merupakan alat elektronik yang bisa menghasilkan panas tambahan di ruangan. Jadi, apabila kamu ingin memperoleh suhu AC paling dingin, kamu bisa matikan perangkat elektronik yang tidak dipakai agar beban kerja AC bisa berkurang.

6. Ventilasi Tambahan

Ventilasi tambahan seperti exhaust fan bisa membantu mengeluarkan udara yang panas dari dalam ruangan, sehingga AC kamu bisa bekerja lebih efektif. Apalagi bila ruangan kamu berukuran lumayan luas.

Itulah beberapa cara ynag bisa kamu lakukan untuk mengatur suhu merek AC terbaik menjadi paling dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: