Kenali Jenis Garansi Merek AC Terbarik dan Cara Mudah Untuk Mengklaimnya

Kenali Jenis Garansi Merek AC Terbarik dan Cara Mudah Untuk Mengklaimnya

Jenis dan cara mengklaim garansi pada merek AC terbaik--

Cukup banyak komponen yang dicover dari garansi ini termasuk evaporator, kondensor, PCB, sensor, beserta seluruh bagian penyambung seperti baut, bracket yang patah atau rusak.

Namun garansi sparepart ini juga harus dipastikan memang kesalahan dari pabrik, bukan kesalahan dari penggunaan yang disengaja. Misalnya PCB kesiram air tidak sengaja, atau bagian pada AC patah karena saat bawa AC kebanting, ini tentu tidak akan diganti oleh pabrik.

Garansi Kompressor

Selanjutnya tipe yang ketiga adalah mengganti kompressor dari unit AC tersebut jika terjadi kegagalan pada compressor. Biasanya untuk garansi tipe ini umurnya lebih panjang jika dibandingkan garansi sparepart.

BACA JUGA : Kenali dan Waspadai Bahaya Yang Timbul Akibat Merek AC Terbaik Jarang Dicuci

Ada Dua Jenis Kebijakan Klaim Garansi

Setelah Anda mengetahui tipe-tipe garansi yang biasa didapatkan saat membeli unit AC baru, selanjutnya ada jenis kebijakan untuk mengklaim garansi.

Kebijakan Sepanjang Masa

Untuk jenis kebijakan yang pertama adalah kebijakan sepanjang masa, dimana pelanggan bisa meminta penggantian part sesuai masa garansi beberapa kalipun tanpa dibatasi.

Contohnya seperti ini, jika garansi sparepart adalah 3 tahun. Jika tahun pertama rusak, maka akan diganti, tidak lama kemudian rusak lagi maka tetap akan diganti selama sepanjang masa garansi tersebut yaitu 3 tahun.

Beberapa merek AC terbaik yang menerapkan kebijakan ini adalah Daikin, Polytron, Sharp, Aqua, LG, Panasonic, Greed dan Changhong.

BACA JUGA : 5 Faktor Penting Memilih Merek AC Terbaik Split, Mulai Kapasitas Hingga Biaya

Kebijakan Sekali Ganti

Pada tipe kebijakan garansi ini maka penggantian hanya boleh dilakukan sekali saja. Jika pada tahun pertama sudah diganti maka garansi dianggap sudah hilang dan tidak ada penggantian selanjutnya, meskipun jika rusak kembali dan masih dalam masa garansi.

Beberapa produsen AC yang menerapkan tipe kebijakan sekali ganti adalah brand AUX dan Bestlife.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: