Merek AC Terbaikmu Bunyi Berisik, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Merek AC Terbaikmu Bunyi Berisik, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

penyebab dan cara mengatasi ac bunyi berisik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Penggunaan merek AC terbaik bukan sebuah hal yang asing bagi kalangan masyarakat ekonomi menengah ke atas yang ada di Indonesia. Cuaca yang panas memang membuat AC makin diperlukan bahkan di waktu malam hari.

Hal itu tentu membuat masyarakat harus sigap dalam merawat merek AC terbaik dan mengetahui berbagai macam gangguannya supaya dapat mengatasinya dengan sesegera mungkin, termasuk masalah AC yang mengeluarkan bunyi berisik.

Merek AC terbaik yang bunyi bergetar adalah salah satu tanda kerusakan pada AC yang sering terjadi tetapi sering diabaikan penggunanya. Padahal gangguan itu dapat menandakan ada masalah kerusakan yang serius yang harus diatasi.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tau berbagai penyebab unit outdoor ataupun indoor merek AC terbaik yang berdengung supaya bisa melakukan penanganan yang tepat.

Perawatan merek AC terbaik bukan hanya sekedar mencucinya dengan rutin setiap 3 bulan satu kali. Tetapi juga kamu wajib peka tentang berbagai bunyi AC yang patut kamu waspadai.

BACA JUGA : Bahaya Menyalakan Merek AC Terbaik Yang Bocor

Berikut beberapa bunyi AC yang harus diwaspadai :

1. Bunyi berdenting sketika menyalakan AC

Jika kamu mengenal bunyi berdenting seperti suara jam saat kamu menyalakan AC, kemungkinan ada salah satu perangkat keras AC yang sudah longgar dan masuk ke dalam kompresor.

Saat mengalami hal itu, sebaiknya kamu segera matikan AC kemudian cek apakah ada baut di sekitar kompresor atau komponen lain yang lepas.

2. Bunyi memekik saat AC menyala

Terdapat beberapa jenis dari kompresor AC yang ketika AC dihidupkan memang mengeluarkan bunyi memekik dan bunyi tersebut biasanya akan menghilang seiring berjalannya waktu. Hal itu tentu tidak perlu membuat kamu jadi risau.

Tetapi kamu perlu hati-hati apabila bunyi memekik tidak hilang sesaat seudah AC menyala. Kemunculan bunyi yang tidak kunjung menghilang menjadi tanda bahwa AC sedang butuh perbaikan.

3. Bunyi berdesis

Bunyi berdesis yang dihasilkan dari AC menjadi pertanda bahwa sirkulasi pada freon sedang ada gangguan atau adanya kebocoran pada freon.

BACA JUGA : Mengatasi Merek AC Terbaik Mengeluarkan Suara Bising, Ikuti Cara Ampuh Berikut

Saat AC bunyi berdesis, itu pertanda freon sedang dibuang ke atmosfer sehingga mengakibatkan AC tidak dingin. Masalah ini memerlukan penanganan teknisi yang profesional agar kondisi AC bisa kembali prima.

4. Bunyi menggelegak

Kebocoran yang terjadi pada freon selain dapat menghasilkan bunyi berdesis, tetapi juga mengeluarkan bunyi menggelegak menyerupai gelembung.

Hal ini bisa terjadi apabila kebocoran yang menghasilkan gelembung gas tersebut masuk ke dalam saluran pendingin. Jenis bunyi ini hanya dapat diatasi oleh teknisi yang profesional.

5. Bunyi berdengung

Gangguan yang terjadi pada unit outdoor AC sering membuat AC mengeluarkan bunyi berdengung bahkan disertai dengan getaran.

Kamu wajib mengecek unit AC secara keseluruhan dengan segera agar tahu penyebab dari bunyi tersebut dan kamu juga bisa segera untuk menghentikannya.

BACA JUGA : Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip, Simak Penyebabnya

6. Bunyi terompet saat AC dimatikan

Sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah yang besar asalkan bunyi ini tidak disertai dengan suara berdesis.

7. Bunyi binatang

Jenis hewan yang paling rentan untuk masuk dan mengakibatkan AC berbunyi yaitu serangga yang ukurannya kecil.

8. Bunyi bergumam atau merengek

Masalah ini tidak boleh disepelekan. Komponen pada AC yang sering menjadi penyebab bunyi ini yaitu motor kipas.

9. Bunyi dering atau benturan 

Komponen AC yang longgar biasanya jadi penyebab munculnya bunyi benturan atau dering ketika AC sedang dinyalakan.

10. Bunyi teriakan

Ini merupakan salah satu bunyi AC yang paling membuat kita tergganggu ketika AC menyala. Sebaiknya kamu langsung matikan AC dan menghubungi teknisi yang profesional apabila menjumpai gangguan seperti ini.

11. Bunyi berkedip atau mendentang

AC bunyi mendentang atau berkedip ternyata menandakan bahwa ada kerusakan serius di kompresor.

BACA JUGA : Remote AC Hilang, Berikut Cara Menyalakan Merek AC terbaik Tanpa Remote

Berikut cara mengatasi masalah merek AC terbaik yang bunyi berisik :

- Unit indoor AC dan outdoor AC kamu bersihkan dengan teratur tiap 3 bulan satu kali supaya kinerja dari kipas AC tidak terganggu oleh kotoran yang telah menumpuk. Tiap komponen AC wajib dibersihkan secara keseluruhan, termasuk juga pada saluran pembuangan air.

- Pakai jasa teknisi yang sudah profesional untuk memperbaiki AC yang mengalami bocor atau gangguan yang ada pada sirkulasi freon AC. Jika masalah freon sudah bisa diatasi, maka AC kamu tidak akan mengeluarkan bunyi lagi.

- Cek tiap komponen indoor AC dengan teliti, seperti mounts, sambungan kabel, connecting rod, kipas outdoor,  belt, bailing fan, hingga piston pin. Kamu harus segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak atau yang longgar agar bunyi pada AC tidak akan muncul lagi. Kerusakan yang ada pada komponen AC modern dengan sistem kompresor tertutup membuat kamu harus menggantinya dengan kompresor baru.

- Perbaiki letak unit AC agar tidak menghasilkan getaran yang berlebihan saat dinyalakan.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek AC terbaik yang mengeluarkan bunyi berisik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: