Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip, Simak Penyebabnya

Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip, Simak Penyebabnya

Penyebab Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Ketika merek AC terbaik menyala, maka tentu lampu indikatornya akan ikut menyala juga. Tetapi apabila lampu kedap kedip pada AC jangan sampai dibiarkan.

Karena hal itu bisa menandakan bahwa terdapat masalah di sistem kerja merek AC terbaik. Begitu juga ketika AC mati lampu kedap kedip.

Kamu perlu segera mngecek merek AC terbaikmu untuk mencari tahu apa sumber dari masalah tersebut dan supaya kamu bisa cepat untuk memperbaikinya .

Lampu merek AC terbaik yang kedap kedip bisa menjadi sinyal bahwa AC sudah kotor atau ada masalah lain yang lebih serius lagi. Jika dibiarkan, maka masalah ini bisa mengakibatkan AC rusak.

BACA JUGA : Penyebab ASI Tidak Beku Saat Disimpan Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik, Berikut Solusinya

Berikut hal-hal yang menyebabkan lampu merek AC terbaik kamu kedap kedip :

1. Unit AC Kotor

Apabila AC kamu lama tidak dibersihkan, maka bisa berakibat pada lampu AC jadi kedap kedip. Debu yang ada di bagian filter dan evaporator AC akan menghalangi udara yang dihisap oleh AC.

Sehingga membuat sirkulasi udara menjadi tidak bisa maksimal. Maka dari itu, AC dibersihkan atau dicuci secara berkala agar tidak terdapat debu yang menempel.

2. Kurang Tekanan Freon

Freon pada AC sebenarnya tidak akan bisa berkurang kecuali jika ada hal yang mengalami kebocoran pada AC. Jika tekanan pada freon tersebut kurang, maka bisa membuat udara yang dihasilkan oleh AC akan kurang sejuk.

Apabila kamu curiga freon AC berkurang, maka sebaiknya kamu cek apakah benar terdapat kebocoran. Apabila tidak terdapat kebocoran, maka kamu cukup menambahkan freon saja.

BACA JUGA : Suhu Ideal untuk Tidur Dengan Merek AC Terbaik Efisien dan Benar

3. Thermistor Rusak

Thermistor yang terdapat pada AC memiliki fungsi sebagai sensor suhu dalam ruangan dan mengatur kerja kompresor dengan otomatis. Thermistor yang mengalami kerusakan memang akan menyebabkan lampu indikator AC jadi kedap kedip.

Hal ini menjadi tanda bahwa terdapat komponen AC yang sudah rusak sehingga kamu bisa langsung memeriksanya.

4. Blower Indoor Tidak Bekerja

Blower indoor memiliki fungsi umenghasilkan udara yang dingin dari evaporator. Jika blower tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, maka akan membuat lampu indikator jadi berkedip-kedip.

Gangguan yang terjadi pada fungsi blower ini dapat disebabkan karena dinamo fan blower yang tidak bisa jalan, jalur modul yang menuju ke dinamo mengalami putus, kapasitor fan terjadi kerusakan, atau bearing-nya sudah seret.

Kamu dapat mengecek keadaan blower tersebut dengan memeriksa keadaan bearing dan kapasitor fannya.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri

5. Modul AC Terkena Air

Modul AC dapat terkena air karena adanya proses pembersihan yang dilakukan kurang hati-hati. Misal, modul AC tidak ditutup ketika dicuci sehingga akan terkana cipratan air. Cara mengatasi masalah ini cukup mudah.

Kamu perlu bersihkan modul AC, kemudian tunggu hingga kering sebelum dipasang lagi. Kamu juga dapat memakai hair dryer supaya modul AC bisa lebih cepat kering.

6. Socket Kabel Kendor

Socket kabel yang kendor biasanya bisa kamu jumpai di AC yang usia penggunaannya sudah cukup lama. Cara mengetahui kondisi socket, kamu cukup melakukan pengecekan di modul AC. Jika socket memang sudah kendor, maka kamu cukup mengencangkan kembali socket kabelnya.

7. Jalur PCB Putus Akibat Korosi

Kamu dapat mengeceknyadi mainboard modul yang ada di dalam AC. Apabila ada jalur yang putus atau warnanya hitam, berarti memang terdapat kerusakan AC. Kamu perlu membersihkan jalur tersebut. Kemudian jalur yang putus tersebut disolder sampai menyambung kembali.

Ketika kamu tahu lampu merek AC terbaik kedap kedip, terdapat cara yang cepat yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya. Kamu hanya cukup me-reset modul MCB atau cabut steker stop kontak AC dan lepaskan baterai yang ada di remote AC.

Tunggu sekitar selama 3 sampai 5 menit, Lalu naikkan MCB atau colokkan kembali steker dan pasang kembali baterai di remote AC. AC dihidupkan lagi dan kamu atur suhunya sesuai keinginan kamu.

BACA JUGA : Suhu Ideal untuk Tidur Dengan Merek AC Terbaik Efisien dan Benar

Apabila masalah ini terjadi lagi, maka sebaiknya kamu panggil teknisi yang ahli untuk dilakukan pengecekkan secara menyeluruh.

Itulah beberapa penyebab lampu merek AC terbaik kedap kedip beserta cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: