Cara Menggunakan Freezer Yang Salah Dan Membuat Merek Kulkas Terbaik Cepat Rusak

Cara Menggunakan Freezer Yang Salah Dan Membuat Merek Kulkas Terbaik Cepat Rusak

Cara Menggunakan Freezer Yang Salah Dan Membuat Merek Kulkas Terbaik Cepat Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Freezer merupakan komponen yang penting untuk melengkapi fungsi merek kulkas terbaik secara menyeluruh. Manfaat dari freezer sangat beragam, mulai dari untuk membuat es batu, membuat proses pembuatan makanan atau minuman tertentu lebih sempurna, sampai untuk menyimpan berbagaimacam bahan makanan dalam waktu yang lebih lama.

Sampai saat ini ternyata kebanyakan orang belum menyadari jika kesalahan dalam pemakaian freezer bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan merek kulkas terbaik jadi cepat rusak.

Asumsi tentang merek kulkas terbaik inverter akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan kulkas biasa itu tentu sangat salah. Karena faktanya, penyebab kulkas jadi cepat rusak tidak dipengaruhi karena teknologi pada kompresornya, tetapi dipengaruhi oleh proses penggunaan kulkas tersebut.

Jadi, kamu harus tahu beberapa kesalahan dari penggunaan freezer merek kulkas terbaik berikut ini agar kondisi kulkas kamu jadi lebih tahan lama.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Overload Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya

1. Mengisi freezer secara berlebihan

Keadaan dalam freezer yang isinya terlalu penuh akan menghambat sirkulasi udara sekaligus akan membuat kondensor bekerja dengan terlalu keras yang mengakibatkan bahan makanan menjadi gagal untuk beku dan rentan mengakibatkan kulkas rusak apabila dibiarkan dengan terus menerus.

Sebaiknya, kamu isi freezer ¾ penuh dan perhatikan penataan isi kulkas supaya fungsinya bisa maksimal dan kulkas juga tidak akan cepat rusak.

2. Mengatur temperatur freezer terlalu tinggi

Temperatur ideal freezer yaitu antara -150 hsampai -170 C. Jika temperatur freezer di bawah -190 C maka bisa mengacaukan fungsi dari pemanas freezer sehingga membuat kinerja kulkas akan makin berat dan rentan untuk rusak dalam waktu tidak sampai 5 tahun.

3. Membuka pintu freezer terlalu lama

Membiarkan pintu freezer terbuka dalam waktu lama bisa membuat freezer jadi bekerja lebih ekstra untuk menjaga temperaturnya sehingga akan terjadi kemunculan bunga es dalam jumlah yang banyak yang sulit untuk dihindari.

Bunga es yang menumpuk dalam freezer akan mengakibatkan kinerja kompresor jadi kurang maksimal sehingga lama kelamaan kulkas akan rusak.

BACA JUGA : Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Merek Kulkas Terbaik Mati

4. Mengabaikan kebersihan karet pintu dan gulungan kondensor

Gulungan kondesor dan karet pintu merupakan 2 komponen penting yang sering terabaikan sehingga berpotensi membuat kulkas jadi cepat untuk rusak.

Karet pintu pada freezer memiliki peran yang sangat penting karena berfungsi untuk menutup pintu kulkas agar rapat sehingga temperaturnya akan selalu terjaga.

Cara membersihkan karet pintu kamu hanya perlu memakai spons untuk mencuci piring serta campuran air hangat dengan sabun cuci piring untuk membersihkan semua bagian karet pintu hingga tuntas.

Untuk mendukung kinerja dari freezer kulkas, gulungan kondensor yang bersih juga penting untuk diperhatikan.

Kondensor memiliki bentuk seperti jeruji-jeruji berukuran kecil yang letaknya ada di bagian belakang kulkas dan mempunyai fungsi untuk meredam panas.

Proses pembersihan gulungan kondensor sebaiknya kamu lakukan minimal 1 bulan sekali dengan memakai vacuum sehingga performanya bisa tetap terjaga.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Di Rumah

5. Membiarkan tumpukan bunga es di dalam freezer

Menumpuknya bunga es bisa membuat kapasitas penyimpanan pada freezer berkurang dan juga fungsi dari freezer menjadi kurang maksimal serta rentan mengalami kerusakan apabila masalah itu terus dibiarkan saja.

Sebaiknya kamu keluarkan seluruh isi dalam freezer kemudian cabut aliran listrik kulkas. Tunggu sampai bunga es mencair semua kemudian kamu mulai bersihkan bagian dalam freezer menggunakan kain lap yang bersih sebelum kamu kembali menyimpan bahan makanan ke dalamnya.

6. Menyimpan Makanan atau Minuman yang Panas dalam Freezer

Memasukkan makanan atau minuman yang panas ke dalam freezer dianggap sebagai cara yang paling baik untuk mendinginkan dengan cepat.

Padahal, hal ini sebuah kesalahan yang membuat kulkas kamu jadi cepat rusak. Makanan atau minuman yang memiliki temperatur tinggi akan membuat kompresor pada kulkas jadi harus bekerja ekstra keras untuk menstabilkan temperatur dalam kulkas.

Apabila hal itu sering terjadi, maka kemungkinan akan membuat merek kulkas terbaik biasa ataupun kulkas inverter jadi lebih cepat rusak. Alangkah baiknya tunggu supaya makanan atau minuman mencapai temperatur ruangan sebelum kamu memasukkannya ke dalam freezer.

Itulah beberapa cara menggunakan freezer kulkas yang salah yang membuat merek kulkas terbaik kamu jadi cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: