Perhatikan Faktor Berikut, Saat Instalasi Merek AC Terbaik Yang Masih Baru

Perhatikan Faktor Berikut, Saat Instalasi Merek AC Terbaik Yang Masih Baru

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Instalasi Merek AC terbaik Yang Masih Baru-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Terdapat banyak cara yang bisa dilkaukan untuk membuat ruangan di dalam rumah terasa nyaman, salah satunya yaitu dengan memasang merek AC terbaik. Terkadang suhu udara yang panas bisa saja membuat suasana jadi tidak nyaman.

Untung masalah semacam ini dapat diatasi dengan merek AC terbaik yang menghadirkan kesejukan di sebuah ruangan. Tetapi dengan syarat instalasi AC harus dilakukan dengan tepat.

Instalasi merek AC terbaik ketika baru saja dibeli dapat menentukan kenyamanan yang dihadirkan dan juga masa pakai AC untuk ke depannya. Jika pada awal pemasangan AC saja tidak benar, maka akan berpengaruh pada kualitas kesejukan udara yang dihasilkan oleh AC.

Ruangan akan menjadi kurang sejuk karena kualitas pendinginan yang dihasilkan dari merek AC terbaik kurang sempurna dan bisa membuat AC menjadi tidak awet.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri

Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum melakukan instalasi AC :

1. Arah hembusan angin

Ketika melakukan instalasi AC, pastikan bahwa arah hembusan angin yang dihasilkan dari AC tidak akan langsung mengenai tubuh kita. Apabila hal ini terjadi, maka dalam jangka waktu yang panjang dapat muncul sebuah efek yang buruk pada kesehatan tubuh, seperti kulit kering atau gangguan pada pernapasan jika udara dingin yang dihasilkan AC tidak higienis.

2. Keberadaan AC tidak di atas perabotan elektronik lainnya

Jangan pasang AC di atas alat elektronik atau sumber listrik. Misal, stop kontak, komputer, dan lainnya.

Hal ini bertujuan supaya benda listrik terhindar dari tetes air apabila AC mengalami kebocoran. Apabila alat elektronik terkena kebocoran dari AC, maka akan berisiko timbul korsleting yang bahaya bagi penghuni rumah.

3. Pilih lokasi yang cukup luas

Hal ini penting diterapkan karena akan mempermudah pada saat proses pembersihan ataupun pemeriksaan AC. Jika lokasi instalasi AC sempit, maka kamu akan kesulitan ketika hendak membersihkan atau memeriksa AC ketika AC mengalami masalah.

BACA JUGA : Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip, Simak Penyebabnya

Berikut tips melakukan Instalasi pada merek AC terbaik yang masih baru :

1. Posisi unit indoor

Sebaiknya posisi AC indoor tidak terlalu mepet dengan atap, berikan jarak kisaran 15 cm dari atap. Hal ini berkaitan dengan cara kerja AC indoor saat mengisap udara di bagian atas dan bagian depan.

Adanya jarak yang cukup bisa membantu sirkulasi udara yang baik. Apabila jarak AC dengan atap sangat sempit, maka kualitas dari pendingin udara dan udara yang dihasilkan akan terganggu.

2. Posisi unit outdoor

Posisi unit outdoor sebaiknya ada jarak minimal 30 cm antara sambungan pipa indoor dengan outdoor supaya oli mesin bisa kembali ke outdoor. Apabila penempatannya kurang dari 30 cm, maka oli nantinya akan pindah ke dalam indoor.

Hal tersebut berkaitan dengan oli yang ada di dalam kompresor yang ikut bersirkulasi bersama dengan refrigran. Apabila posisi dari unit outdoor AC lebih tinggi, maka di waktu 1-2 tahun, oli tersebut bisa pindah ke unit AC indoor.

Apabila hal ini terjadi, maka akan membuat hawa panas yang akan diserap jadi terganggu dan kompresor akan kekurangan oli. Hal ini akan berpotensi membuat kompresor AC jadi rusak.

BACA JUGA : Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip, Simak Penyebabnya

3. Pipa penghubung unit indoor dan outdoor

Sebaiknya pipa memiliki panjang sekitar 3 meter - 6 meter. Jangan sampai kamu memakai pipa yang bengkok karena bisa mengganggu sirkulasi udara di refrigeran.

4. Jalur pembuangan air AC

Jangan sampai air jatuh mengenai unit indoor sehingga membuat udara yang dihasilkan jadi tidak nyaman. Jalur untuk pembuangan harus mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan instalasi pada merek AC terbaik yang baru saja dibeli. Semoga bermanfaat! (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: