Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri

Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri

Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Keadaan di dalam rumah yang sehat sangat penting untuk menunjang kenyamanan pada kamu dan keluarga kamu. Penggunaan merek AC terbaik dengan baik dan benar juga menjadi salah satu upaya yang efektif untuk menjadikan rumah yang sehat.

Merek AC terbaik bukan hanya membuat ruangan menjadi sejuk, tetapi juga untuk menyaring udara sehingga membuat kualitas udara di dalam ruangan rumah kamu semakin baik.

Kerusakan yang terjadi pada merek AC terbaik sekecil apa pun harus segera ditangani dengan serius, termasuk juga penyebab AC mati sendiri saat AC sedang menyala.

Ternyata masalah pada merek AC terbaik bukan hanya sekadar suhunya yang kurang dingin, tetapi juga hal lainnya seperti keadaan mati hidup sendiri. Jangan sampai masalah tersebut mengganggu menyamakan kamu saat memakai AC.

BACA JUGA : Tips Menyimpan Cumi Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Segar Tidak Bau

Berikut hal yang menjadi penyebab merek AC terbaik mati hidup sendiri :

1. Komponen Modul Mengalami Korsleting

Kerusakan ini penyebabnya biasanya yaitu karena tegangan listriknya terlalu tinggi sehingga membuat tombol on off pada modul terjadi korsleting. Kamu harus siapkan multimeter untuk mengukur tegangan modul dan mengidentifikasi kerusakannya.

2. Kondensor AC Bermasalah

Fungsi utama dari kondensor AC yaitu mendinginkan udara panas dan menghasilkan udara dingin ke ruangan.

Debu yang ada pada kondensor akan mengganggu fungsinya sehingga menyebabkan outdoor AC mati hidup dengan sendirinya.

Maka dari itu komponen yang ada pada unit outdoor AC wajib dibersihkan secara berkala supaya tetap berfungsi dengan maksimal.

3. Gangguan pada Termistor AC

Pengaturan suhu di sistem AC adalah tugas utama dari komponen termistor. Apabila termistor megalami rusak, maka akan berdampak di kompresor AC yang akhirnya membuat AC kerap mati sendiri.

BACA JUGA : 3 Manfaat Lain Menggunakan Merek AC Terbaik selain Membuat Ruangan Sejuk

Cara yang patut dilakukan ketika termistor AC terganggu yaitu dengan menjauhkannya dari komponen evaporator AC. Tetapi, sebaiknya apabila termistor diganti yang baru supaya masalah AC yang mati hidup sendiri tak terulang lagi.

4. Tekanan Freon Berkurang

Baik evaporator, pipa pada instalasi, ataupun pada kondensor AC yang mengalami kebocoran ringan dapat menjadi penyebab AC mati dengan sendirinya.

Terdapat beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya kebocoran pada komponen AC yaitu getaran mesin yang kencang dan sambungan pipa tidak terpasang dengan sempurna.

Sehingga mengakibatkan tekanan pada freon menjadi berkurang dan membuat AC tidak cuma kurang dingin tapi juga mati hidup sendiri. Cara mengatasi masalah ini memerlukan pemeriksaan yang detail untuk menguji tekanan freon apakah ada I dalam batas normal atau tidak.

Jika tekanan freon kurang, maka kamu harus cari tahu posisi kebocoran kemudian memperbaikinya serta lakukan pengisian pada freon.

BACA JUGA : Cari Tahu Keunggulan Merek AC Terbaik 1 PK Brand Daikin Disini

5. Masalah pada Printed Circuit Board (PCB)

AC modern biasanya dilengkapi dengan fitur pendeteksi masalah yang mampu untuk mengirimkan sinyal berupa kedipan lampu sebagai kode terjadinya kerusakan (error) pada AC.

Kerusakan PCB bisa ditandai dengan munculnya kode tertentu yang definisinya bisa ditemukan di buku petunjuk penggunaan AC.

Gangguan yan terjadi pada PCB tidak boleh kamu biarkan begitu saja karena bisa berisiko membuat AC jadi mati hidup sendiri bahkan bisa mengakibatkan komponen-komponen AC lainnya ikut mengalami kerusakan.

6. Kipas Indoor AC Tidak Berputar

Komponen kipas indoor AC yang mengalami kerusakan akan gagal untuk berputar sehingga membuat AC mati sendiri. Bilah-bilah pada kipas indoor rentan untuk patah, bengkok, ataupun retak apabila AC sudah dipakai selama beberapa tahun.

Kamu harus segera mengganti kipas indoor tersebut agar AC kembali berfungsi dengan normal untuk menyejukkan ruangan kamu.

7. Kendala pada Tombol Power AC

Tombol power yang terdapat di bagian unit indoor AC dapat jadi penyebab AC kamu mati hidup sendiri. Apabila posisi penutup AC menjepit tombol power, maka kemungkinan akan membuat merek AC terbaik jadi mati hidup sendiri tanpa dioperasikan menggunakan remote.

BACA JUGA : Cari Tahu Keunggulan Merek AC Terbaik 1 PK Brand Daikin Disini

Kerusakan pada tombol power penyebabnya juga bisa karena sensor mengalami masalah atau kabelnya kendur.

8. Timer AC Menyala Tanpa Disengaja

Pengaturan timer AC yang ada pada remote memungkinkan AC dihidupkan dan dimatikan otomatis tanpa harus menekan remote terlebih dahulu.

Saat outdoor dan indoor AC sering mati dan hidup sendiri, sebaiknya kamu langsung periksa pengaturan timer di remote.

Ubah pengaturan timer sesuai dengan waktu yang kamu inginkan atau non-aktifkan fitur tersebut apabila kamu memilih untuk menghidupkan dan mematikan AC dengan manual.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan merek AC terbaikmu mati sendiri dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: