Pentingnya Merawat Merek Kulkas Terbaik, Simak Caranya

Pentingnya Merawat Merek Kulkas Terbaik, Simak Caranya

merawat merek kulkas terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik adalah alat elektronik yang dianggap vital, karena berguna untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan yang akan jadi sumber nutrisi.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk membersihkan merek kulkas terbaik supaya bisa menjaga kualitas makanan yang kamu simpan di dalamnya.

Meski terdengar hal sepele, tetapi hal ini sangat penting untuk membersihkan merek kulkas terbaik secara rutin agar kulkas tetap berfungsi dengan baik.

Academy of Nutrition and Dietetics juga menyarankan agar rutin membersihkan merek kulkas terbaik secara ringan, setidaknya satu minggu sekali.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik SHARP 1 Pintu Beserta Keunggulannya

Berikut alasan merek kulkas terbaik harus dibersihkan secara berkala :

1. Menjaga kebersihan kulkas

Membersihkan kulkas tentu karena faktor kebersihan. Kadang, tanpa disadari makanan atau minuman yang tersimpan di dalam kulkas tumpah saat kamu akan mengambil atau menyimpannya.

Oleh karena itu, sangat penting kulkas untuk dibersihkan secara berkala supaya kebersihan kulkas bisa terus terjaga.

Terutama bagi kamu yang mempunyai kulkas 1 pintu, biasanya sering muncul masalah seperti bunga es yang menumpuk di dalam freezer. Jika hal ini terjadi, maka lakukan pembersihan bunga es dengan rutin agar kulkas tetap awet.

2. Kestabilan suhu kulkas lebih terjaga

Dengan rajin membersihkan kulkas, maka akan membuat ruang penyimpanan di dalam kulkas menjadi rapi. Apabia ada banyak makanan yang menumpuk di rak penyimpanan kulkas, hal itu akan menyebabkan suhu kulkas jadi tidak stabil.

BACA JUGA : 7 Langkah Membersihkan Kumparan Merek Kulkas Terbaik, Agar Kinerjanya Efisien Anti Rusak

Oleh karena itu, saat kamu membersihkan kulkas pastikan untuk mengolah makanan, supaya makanan tidak menumpuk di dalam kulkas.

3. Terhindar dari penyebab penyakit

Bakteri atau kuman yang asalnya dari makanan segar bisa mengendap di dalam kulkas dan membuat makanan lain bisa terkontaminasi.

Apalagi apabila kamu sering menyimpan bahan makanan seperti daging dan berbagai macam bahan makanan beku, jadi usahakan agar kamu rajin membersihkan dan mengecek kulkas secara berkala.

Supaya freezer tidak kotor yang akan menimbulkan bau tidak sedap. Karena jika dibiarkan, justru akan bahaya bagi kesehatan.

4. Terhindar dari kemungkinan membuang makanan

Saat kamu sedang membersihkan kulkas, tentunya kamu akan memeriksa kondisi makanan yang tersimpan di dalamya. Mulai dari mengecek tanggal kadaluarsa ataupun mencicipi makanan yang disimpan dalam kulkas.

BACA JUGA : 6 Tips Merawat Merek AC Terbaik Jenis Split Rumah Agar Mesin Tetap Optimal

Berikut cara membersihkan merek kulkas terbaik :

1. Mengosongkan isi kulkas

Langkah awal yaitu dengan mengosongkan isi kulkas dulu. Karena tidak mungkin juga jika saat kulkas dibersihkan tapi masih ada makanan di dalamnya.

Kamu dapat mematikan kulkas dan mengeluarkan semua isi kulkas lalu dipindahkan ke dalam wadah yang terisolasi supaya kondisi suhu makanan bisa tetap dingin.

2. Melepaskan rak dan membersihkannya

Lepas rak di bagian dalam dan rak yang ada di pintu kulkas. Kamu bisa memakai air sabun untuk membersihkan rak kulkas dan seluruh bagian dalam kulkas.

Pastikan seluruh rak yang sudah kamu bersihkan dalam kondisi sudah kering sebelum kamu memasukkan isi kulkas kembali ke dalam kulkas.

3. Membersihkan Saluran Pembuangan

Saluran kondensasi atau pembuangan bisa kamu temukan di  bagian belakang kulkas, lebih tepatnya di bawah dinding belakang kulkas. Pastikan bahwa saluran tersebut dalam kondisi bersih, karena saluran tersebut rawan mengalami tersumbat.

BACA JUGA : Begini Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Simak Ulasannya

Apabila saluran tersumbat, maka kelebihan air akan menumpuk dalam saluran pembuangan dan dinding kulkas.

4. Bersihkan bagian luar kulkas

Membersihkan kulkas pada bagian luar sama pentingnya dengan membersihkan kulkas pada bagian dalam. Karena kuman bisa berkumpul di gagang pintu kulkas dan bagian luar kulkas lainnya yang sering terkena sentuhan. Cara membersihkannya, alangkah baiknya pakai sabun yang anti bakteri.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat merek kulkas terbaik agar kulkas tetap higienis. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: