Eksplore Jejak Sejarah Wisata Terbaru 2024, Monumen Jenderal Sudirman Pakis Baru Nawangan Pacitan

Eksplore Jejak Sejarah Wisata Terbaru 2024, Monumen Jenderal Sudirman Pakis Baru Nawangan Pacitan

Menjelajahi Jejak Sejarah di Wisata Terbaru 2024 Monumen Jenderal Sudirman Pakis Baru Nawangan Pacitan--

DISWAY JOGJA - Di balik keindahan pantai dan keindahan alam yang mempesona, Kabupaten Pacitan memiliki satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan, yakni wisata terbaru 2024 Monumen Jenderal Sudirman Pakis Baru Nawangan.

Dibuka pada tahun 2008, wisata terbaru 2024 berupa monumen ini menjadi saksi bisu perjuangan Jenderal Soedirman dalam memimpin pemberontakan melawan penjajah Belanda.

Monumen Jenderal Soedirman merupakan objek wisata terbaru 2024 bernuansa sejarah yang terletak di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Nawangan.

Saat pertama kali datang ke wisata terbaru 2024 ini, Anda akan disambut oleh patung Jenderal Soedirman setinggi delapan meter.

BACA JUGA : Temukan Keindahan Pantai Pidakan, Surga Tersembunyi Wisata Terbaru 2024 Pacitan

Di sebelah monumen terdapat bangunan yang dulunya merupakan markas besar pasukan Jenderal Soedirman yang melancarkan serangan pemberontakan terhadap penjajah Belanda. Umum Soedirman tinggal di rumah ini dari April hingga Juli 1949.

Di wisata terbaru 2024 ini Anda dapat melihat banyak barang bekas yang ditinggalkan Jenderal Soedirman, termasuk kantong tidur dan mejanya. Ada juga perpustakaan kecil dan ruang video pertempuran Jenderal Soedirman. 

1. Menelusuri Jejak Kaki Sang Panglima

Monumen Nasional Jenderal Sudirman berdiri di lahan seluas 9,7 hektar yang dikelilingi pemandangan pedesaan yang indah. Di tengah monumen terdapat patung Jenderal Sudirman yang sangat besar, setinggi 8 meter, yang menunjukkan keberanian dan semangat juangnya.

BACA JUGA : Jelajahi Sentono Gentong Pacitan, Temukan Surga Tersembunyi Wisata Terbaru 2024

Di sekitar patung ini terdapat berbagai diorama yang menggambarkan perjalanan hidup dan peperangan Jenderal Sudirman, dari masa kecilnya di Banyumas hingga kepemimpinannya dalam kelompok pemberontak di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Pacitan.

Diorama ini disajikan dengan deskripsi singkat dan informatif, sehingga membawa pengunjung seolah-olah ikut merasakan langsung atmosfer perjuangan kala itu.

2. Lebih dari Sekedar Monumen

Monumen Jenderal Sudirman Pakis tidak hanya menjadi objek wisata tetapi juga menjadi pusat pendidikan dan pelatihan kepemimpinan. Di sini pengunjung dapat mempelajari nilai-nilai patriotisme, cinta tanah air dan kepemimpinan yang diwariskan oleh Jenderal Sudirman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: