Cara Menyimpan Ikan Segar Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Menyimpan Ikan Segar Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Menyimpan Ikan Segar Di Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Ikan akan membusuk dengan lebih cepat apabila tidak disimpan dengan cara yang baik dan benar. Menyimpan ikan di dalam merek kulkas terbaik merupakan pilihan yang ideal bag kamu yang baru saja beli ikan tetapi tidak langsung mengolahnya.

Berdasarkan jenis ikan di pasar, ikan terbagi menjadi ikan beku dan ikan segar. Kedua jenis ikan ini memiliki umur penyimpanan yang berbeda-beda dalam merek kulkas terbaik.

Ikan beku memiliki umur penyimpanan yang sangat lama, berbulan-bulan sampai tahunan di freezer dengan suhu di bawah -18 °C. Tetapi semakin lama ikan disimpan dalam merek kulkas terbaik, maka semakin turun kualitasnya.

Ikan segar memiliki masa simpan yang lebih sebentar yaitu 3-5 hari di suhu kulkas. Untuk jenis ikan berminyak hanya dapat bertahan kurang dari 3 hari di dalam merek kulkas terbaik.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menyimpan ikan di dalam merek kulkas terbaik :

1. Memilih Ikan yang Berkualitas Tinggi

Ikan yang berkualitas tinggi adalah kunci dari masa penyimpanan ikan yang lama di dalam kulkas. Apabila dari awal ikan yang dibeli tidak mempunyai kualitas yang ideal, maka ikan akan jadi cepat busuk meski kamu sudah melakukan cara penyimpanan dengan benar. Ikan yang berkualitas tinggi ciri-ciriinya yaitu :

1. Beraroma segar dan tidak amis.

2. Tidak tercium bau menyengat amonia.

3. Mempunyai mata jernih dan berkilau.

4. Mempunyai daging yang padat dan tidak berlendir.

5. Mempunyai insang berwarna merah.

2. Membersihkan Ikan dengan Benar

Dengan membersihkan ikan bisa membuat ikan lebih tahan lama karena bakteri yang ada di dalam perut ikan bisa membuat ikan lebih cepat membusuk.

Untuk membersihkan ikan, buang bagian dalam, sisik, dan insangnya. Bersihkan ikan menggunakan air yang mengalir supaya bau amis ikan yang menyengat bisa hilang.

3. Menambahkan Garam dan Perasan Jeruk Nipis

Hal ini dilakukan setelah ikan bersih. Garam dan jeruk nipis berfungsi untuk mengurangi bau amis dan menjaga kesegaran pada ikan selama beberapa masa.

BACA JUGA : Cara Menyimpan ASI Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Lebih Awet

4. Membumbui Ikan

Tahap ini dilakukan apabila kamu ingin menyimpan ikan yang sudah dibumbui. Sesudah ikan direndam dengan air garam dan jeruk nipis, kamu dapat mulai untuk membumbui ikan. Baluri semua bagian tubuh ikan dengan bumbu sampai rata hingga bagian tubuh dalamnya.

5. Membagi Ikan dalam Beberapa Potongan

Membagi ikan di beberapa potongan dapat kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan dalam beberapa wadah. Apabila ikan disimpan hanya di satu wadah, maka ikan akan sering keluar masuk kulkas dan akan terkontaminasi oleh udara bebas serta tangan manusia yang mungkin ada bakterinya yang membuat ikan jadi cepat busuk.

6. Mengemas Ikan dengan Baik

Kamu dapat mengemas ikan yang akan di simpan dalam merek kulkas terbaik mengunakan food container atau wadah yang kedap udara yang rapat saat ditutup agar terhindar dari bau amis pada ikan yang mudah menyebar.

7. Menyimpan Ikan di Tempat yang Paling Dingin

Tempat yang paling dingin di dalam kulkas untuk menjaga kesegaran ikan yaitu di bagian freezer bawah yang paling dalam agar suhu penyimpanan tidak gampang terpengaruh pencahayaan lampu kulkas ketika pintu kulkas dibuka dan ditutup. Selain itu, kamu perlu memastikan bahwa suhu kulkas ada di bawah 4,4 °C.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan ikan segar di dalam merek kulkas terbaik agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: