11 Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Cooking

11 Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Cooking

Tips Menyimpan Makanan Di Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Cooking-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Bagi wanita karir atau ibu rumah tangga yang sibuk biasanya mereka memasak berbagai macam hidangan sekaligus untuk disimpan di dalam merek kulkas terbaik jenis freezer cooking.

Hal seperti ini juga bisa kamu terapkan untuk berhemat ketika harga bahan pokok sedang naik. Merek kulkas terbaik jenis freezer cooking dapat menghemat waktu, energi, dan uang kamu.

Karena berbelanja ke pasar menjadi lebih jarang, harga bahan-bahan pokok juga jadi lebih murah karena dibeli dalam jumlah yang besar, waktu persiapan juga menjadi lebih singkat. Serta cara menyimpan dalam merek kulkas terbaik juga makin mudah.

Bagi kamu yang ingin menerapkan tips menyimpan makanan beku ke dalam merek kulkas terbaik jenis freezer tersebut. Berikut beberapa tipsnya :

1. Dinginkan Makanan Terlebih Dahulu

Apabila makanan masih panas, sebaiknya biarkan dingin terlebih dahulu sebelum disimpan ke kulkas. Hal ini agar masakan tidak gampang basi ketika ditutup rapat dengan wadah.

BACA JUGA : 5 Penyebab Utama Merek Kulkas Terbaik Milikmu Menjadi Berair, Simak Sampai Selesai

Kamu dapat merendam bagian bawah wajan menggunakan air es sembari diaduk atau dikipas-kipas supaya lebih cepat dingin.

2. Bungkus dan Pisahkan Masakan

Ketika membungkus makanan pisahkan berdasarkan jenisnya. Misal, rendang diletakkan dalam satu wadah dan opor diletakkan di dalam satu wadah yang berbeda.

Tutup dengan rapat wadah makanan tersebut supaya aromanya tidak tersebar dalam kulkas dan menyebabkan munculnya bakteri.

3. Atur Suhu Freezer

Suhu yang dipakai minimal 18 derajat Celcius untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada tekstur makanan.

4. Jangan Bekukan Sayuran

Sayuran yang telah dimasak sebaiknya jangan dibekukan. Karena teksturnya akan gampang hancur ketika dipanaskan lagi. Sebaiknya sayuran yang matang langsung dihabiskan supaya manfaat nutrisinya bisa maksimal.

5. Membekukan Lauk Pauk Kering

Rendang dan sambal goreng adalah lauk kering dan sedikit berminyak. Makanan ini gampang untuk didinginkan, cukup letakka di dalam wadah bertutup rapat atau tutup pakai kertas aluminium foil, kemudian bekukan.

BACA JUGA : 8 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala, Ini Solusinya

6. Membekukan lauk pauk basah

Untuk menyimpan makanan yang berkuah juga perlu ketelitian. Opor, kaldu dan saus dapat diletakkanke dalam kantung plastik lalu diikat. Letakkan dalam posisi tidur di dalam merek kulkas terbaik jenis freezer supaya makanan gampang beku, atau letakkan di wadah tertutup.

7. Kemas dengan Lapisan Lain

Apabila disimpan dalam waktu yang tidak terlalu lama, daging yang baru saja kamu beli bisa langsung kamu simpan. Biasanya daging dijual dengan lapisan plastik yang tipis.

Tetai apabila kamu ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, sebaiknya daging dikasih lapisan lagi, seperti wrapping plastic untuk memastikan tidak terdapat udara masuk ke dalam daging.

8. Beri Label

Supaya daging dapat digunakan dengan lebih efisien, sebaiknya berikan label. Tulis tanggal, berat, dan jenis daging yang kamu simpan untuk memudahkan kamu ketika akan mengambil dan mengolah daging tersebut.

9. Bersihkan Alat

Sebelum memnyiapkan daging yang hendak dibekukan, pastikan alat-alat seperti pisau, talenan dan wadah yang kamu gunakan benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah kontaminasi yang dapat mengakibatkan keracunan.

10. Pastikan Freezer tidak Terlalu Penuh

Pastikan supaya freezer merek kulkas terbaik tidak terlalu sesak dan padat supaya freezer tetap mempunyai suhu yang tepat dan agar makanan di dalamnya kualitasnya tetap baik. Janganterlalu banyak membuka tutup pintu freezer karena bisa membuat suhu freezer terganggu dan bisa membuat tagihan listrik jadi membengkak.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Hitachi, Tawarkan Berbagai Fitur Unggulan Menarik

11. Waktu penyimpanan

Ketahanan makanan yang disimpan di dalam freezer beragam. Ada yang awet hanya 1 bulan, dan ada juga yang dapat disimpan satu tahun. Cara menyimpannya yaitu :

- Suhu freezer harus kurang dari 0 F atau setara -18 C. Wadah yang dipakai untuk menyimpan makanan harus freezer safe supaya tidak retak atau tidak terbuka karena suhu yang terlalu dingin.

- Bungkus daging dan casseroles 2 kali. Apabila memakai aluminum foil, 2 lapis heavy duty foil sudah cukup.

- Jangan lelehkan makanan di meja dapur. Setelah makanan dikamu keluarkan dari dalam freezer, taruh makanan tersebut dalam merek kulkas terbaik bawah atau microwave. Makanan yang sudah meleleh jangan dibekukan lagi.

- taruh daging, berry, dan cairan atau minuman di belakang atau di bawah freezer supaya tidak tumpah apabila mati listrik.

- Beri label berisi makanan yang disimpan di dalam plastik atau wadah dan tanggal makanan tersebut mulai dibekukan.

- Pakai bahan yang telah lebih lama ada di freezer, jangan samapai asal mengambil.

BACA JUGA : Tak Perlu Panggil Tukang, Berikut 7 Cara Memperbaiki Pintu Merek Kulkas Terbaik Renggang

Waktu penyimpanan :

- 1 bulan: daging asap mentah

- 2-3 bulan: masakan matang seperti casseroles, semur,  sup, dan udang, serta dessert seperti es krim, cake, pie, dan muffin.

- 4-6 bulan: daging giling, iga sapi yang mentah, ikan dan dada ayam yang matang, roti tawar, keju, dan roti yang manis.

- 6-9 bulan: mentega, potongan daging ayam yang mentah, dan sayuran beku tidak boleh lebih dari 8 bulan.

- 12 bulan: cookies yang dipanggang, ayam atau kalkun yang utuh, dan steak mentah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan makanan di dalam merek kulkas terbaik jenis freezer cooking. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: