Marak Kasus Kejahatan, Polresta Yogyakarta Ajak Orang Tua dan Masyarakat Awasi Remaja

Marak Kasus Kejahatan, Polresta Yogyakarta Ajak Orang Tua dan Masyarakat Awasi Remaja

Kadishumas Polresta Yogya ajak orang tua awasi remaja-DOK.-

DISWAYJOGJA - Kasus kejahatan dan kenakalan remaja di wilayah hukum Polresta Yogyakarta meningkat. Karena itu, Polresta Yogyakarta mengajak seluruh orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan pengawasan terhadap para remaja.

Kasihumas Polresta Yogyakarta AKP Sujarwo menghimbau orang tua untuk lebih waspada dan aktif dalam mengawasi. Selain itu, membimbing putra-putri mereka agar tidak terjerumus dalam perilaku negatif.

BACA JUGA:Polda DIY Ringkus Enam Influencer Judi Online , 8 Tersangka Kasus Kejahatan Dunia Maya

”Peran serta orang tua sangat penting dalam membentuk karakter anak agar terhindar dari kenakalan remaja yang terjadi saat ini,” ujar AKP Sujarwo.

Selain orang tua, dia juga meminta kepada masyarakat untuk turut serta mencegah kenakalan remaja. Masyarakat diimbau untuk mengingatkan atau menegur jika melihat tanda-tanda kenakalan remaja di sekitar mereka, seperti berkelahi, mabuk-mabukan, penggunaan narkotika, dan lain sebagainya.

”Kenakalan remaja menjadi perhatian serius oleh berbagai pihak karena dapat terjadi di mana saja dan kapan saja,” tegas dia.

Lebih lanjut, AKP Sujarwo juga mengimbau kepada masyarakat luas untuk tidak ragu dalam menegur dan mengingatkan jika melihat perilaku remaja yang menyimpang. ”Peran dari masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” tambahnya.

AKP Sujarwo berharap, dengan imbauan ini, orang tua, masyarakat, dan pihak terkait dapat bekerja sama dalam mencegah kenakalan remaja. Kemudian menjaga generasi muda agar dapat terhindar dari hal-hal negatif.

BACA JUGA:Cegah Tawuran, Polres Tegal Tingkatkan Patroli Malam di Daerah Rawan Kejahatan

”Melindungi generasi muda dari kenakalan remaja merupakan tanggung jawab bersama, mari saling bahu membahu untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi anak agar menjadi generasi muda yang cerdas dan bermoral,” ujarnya.

Dia menambahkan, beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu, luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak dan membangun hubungan yang positif. Selain itu, kata dia, awasi kegiatan anak dan pergaulannya. Berikan contoh yang baik kepada anak Dan ajarkan anak tentang nilai-nilai moral dan etika.

Sementara yang dapat dilakukan masyarakat yaitu, laporkan kepada pihak berwenang jika melihat adanya kenakalan remaja. Berikan edukasi kepada anak-anak tentang bahaya kenakalan remaja. Ciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi anak dan lain lainya.

Dengan kerjasama dari semua pihak, dia berharap, kenakalan remaja dapat diminimalisir dan generasi muda dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan bermoral. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: