Rem Blong, Truk Sasak Sejumlah Kendaraan di Flyover Kretek Paguyangan Brebes

Rem Blong, Truk Sasak Sejumlah Kendaraan di Flyover Kretek Paguyangan Brebes

TERGULING Truk boks terguling di flyover kretek setelah sebelum ditabrak oleh truk fuso yang diduga mengalami rem blong.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

PAGUYANGAN, DISWAYJOGJA - Insiden kecelakaan lalu lintas terjadi di Flyover Kretek, jalur nasional Tegal-Purwokerto, wilayah Desa Taraban Kecamatan Paguyangan, Selasa, 2 Juli 2024, sekitar pukul 19.00 WIB. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun sejumlah kendaraan mengalami kerusakan hingga jalur utama sempat mengalami kemacetan.

Informasi yang berhasil diperoleh menyebutkan, kecelakaan bermula saat truk bernopol AB 8359 VT pengangkut gula melaju dari arah selatan (Purwokerto), menuju utara (Tegal) berada di atas flyover Kretek. Saat memasuki turunan panjang, pengemudi truk kesulitan mengendalikan kendaraannya.

"Saat mau turun, truk mulai terlihat oleng. Selain itu juga tidak mengurangi kecepatan," ungkap Irawan, warga di sekitar Flyover Kretek.

BACA JUGA:Ini yang Tidak Boleh Dilakukan Wisatawan saat Melintas di Jembatan Kretek II Jalur Lintas Selatan Bantul, Poli

Dia sempat menduga truk mengalami salah pada fungsi pengereman. Benar saja, saat memasuki jalur menurun, truk menabrak kendaraan yang ada di depannya. Yakni Toyota Rush dengan Nopol E 1635 MQ, truk boks Nopol B 9371 PCL, minibus Avanza nopol B 1008 ZGZ dan minibus Ertiga nopol B 2243 KOH.

"Semua yang ditabrak adalah kendaraan satu arah dari selatan. Bahkan, truk boks sampai terguling, setelah ditabrak truk yang hilang kendali tersebut," kata Irawan.

Sementara Pengemudi minibus Avanza, Atman menyampaikan, saat kejadian dia melaju dari arah selatan. Memasuki turunan flyover, dia dikagetkan oleh truk Fuso yang menyalip hingga menabrak sisi kanan kendaraannya.

"Kondisinya sedang ada antrian, tiba tiba truk dari belakang nyalip hingga nabrak bagian kanan mobil. Terus berjalan dan menabrak truk boks dan Ertiga," jelas Atman.

Beruntung Atman yang saat kejadian bersama dengan keluarga, tidak mengalami luka-luka. Hanya saja kendaraannya mengalami kerusakan, akibat tertabrak truk fuso. Sementara setelah menabrak sejumlah kendaraan, truk terus melaju dan akhirnya terguling di sawah sisi jalan.

Terdapat dua orang mengalami luka dalam kecelakaan tersebut, yakni Zaini pengemudi truk boks, warga Sleman dan penumpang mobil Ertiga, Ahya Ulumudin, warga Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu.

Kapos Lantas Polsek Bumiayu, Aiptu Teguh Feriyanti, membenarkan terjadinya insiden tersebut. Namun pihaknya belum dapat mengungkapkan penyebab kecelakaan tersebut. "Masih dalam proses penyelidikan. Kita upayakan pengamanan jalur, sekaligus mengevakuasi kendaraan yang terlibat," jelasnya.

BACA JUGA:Kecelakaan di Ruas Jalan Tegal-Purwokerto, Pensiunan Guru Jadi Korban Meninggal

Sementara arus lalu lintas sempat mengalami hambatan, saat dilakukan evakuasi truk boks yang terguling di flyover. Petugas terpaksa menerapkan buka tutup jalur selama prosesnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: