Simak Tips Membuat Tagihan Listrikmu Hemat Dengan Merek AC Terbaikmu

Simak Tips Membuat Tagihan Listrikmu Hemat Dengan Merek AC Terbaikmu

Tips Hemat Listrik AC--Abang Benerin

DISWAY JOGJA - Biasanya dengan adanya merek AC terbaik membuat tagihan listrik kamu mulai meningkat. Wajar saja, karena baru membelinya.

Tetapi hal ini tentu jangan dibiarkan. Meskipun di rumah kamu terdapat merek AC terbaik, jangan abaikan jika daya listrik mulai meningkat.

Mari bedahi hal apa saja yang membuat tagihan listrikmu meningkat ketika ada merek AC terbaikmu. Ada beberapa kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan pada AC.

Dari pada penasaran tentang merek AC terbaik, maka simaklah sampai selesai. Simak dengan baik dan benar ya!

1. Suhu 16 Derajat Celcius Terus Menerus

Jika merek AC terbaik kamu nyalakan pada suhu 16 derajat celcius secara terus menerus maka kemungkinan dapat membuat tagihan listrik kamu meningkat. Dikarenakan ini dalam jangka yang lama dan terus menerus.

Lebih baik jika ingin digunakan dalam jangka waktu yang lama disarankan dengan suhu 23 derajat celcius. Itu suhu yang direkomendasikan atau bisa sampai 27 derajat celcius.

Ingat, itu untuk suhu dalam jangka waktu yang lama ya. Suhunya sekitar 23 sampai 27 derajat celcius.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Remote Merek AC Terbaik Hisense Tidak Berfungsi, Cek Selengkapnya Disini

2. Terlalu Sering Buka Tutup Ruangan

Ruangan ber-AC seharusnya ruangannya tertutup. Hal ini dikarenakan agar AC dapat mendinginkan ruangan seperti biasanya.

Jika sering buka tutup pintu ataupun jendela, maka AC tidak bekerja secara maksimal. AC akan bekerja dengan keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga membuat tagihan listrik meningkat.

Itulah mengapa jangan sering buka tutup ruangan. Selain membuat tagihan listrik meningkat, AC juga akan cepat rusak karena bekerja terlalu keras.

Jadi mulai sekarang, jika ada ruangan yang ber-AC pastikan ruangan tertutup. Jendela tidak terbuka, pintu juga pastikan tertutup rapat.

Meskipun dalam ruangan sangat dingin sekali, maka jangan coba-coba membuka jendela ya. Ada cara lain, misalnya menurunkan suhu AC dan sebagainya.

Itulah kebiasaan buruk yang kedua yang membuat tagihan listrikmu meningkat. Sekali lagi jangan buat AC bekerja lebih keras ya, pastikan ruangan yang ber-AC tertutup rapat.

3. Pemakaian AC yang Berlebihan

Ternyata pemakaian merek AC terbaik yang berlebihan juga dapat membuat tagihan listrik meningkat. Seperti halnya jika AC dipakai secara terus menerus tanpa dimatikan, maka tagihan listrik meningkat.

Seharusnya AC dinyalakan sekitar 12 sampai 16 jam. Nah, setelah itu jika sudah sampai 12 atau 16 jam kamu bisa mengistirahatkan AC terlebih dahulu sekitar 4 sampai 6 jam.

AC juga capek jika harus bekerja mendinginkan ruangan secara terus menerus. Sama halnya dengan kita, kita juga pasti capek jika harus bekerja terus menerus.

Maka dari itu luangkan waktu sekitar 4 sampai 6 jam untuk mengistirahatkan. Setidaknya biarkan AC diam sebentar untuk bisa bekerja secara maksimal lagi.

Dengan itu, maka daya listrik kamu bisa hemat. Tidak meningkat ataupun membengkak yang membuat kamu menjadi panik.

4. Tidak Pernah Dibersihkan

Jika AC di rumah kamu tidak pernah dibersihkan atau dirawat bisa saja akan membuat tagihan listrik kamu meningkat. Karena debu atau kotoran akan menempel pada indoor atau outdoor AC sehingga membuat kinerja AC tidak maksimal.

Nah, pada kinerja AC yang tidak maksimal itulah membuat tagihan listrik meningkat. Karena menjadi boros serta AC sudah tidak sedingin seperti biasanya.

Maka dari itu, sangat penting AC dibersihkan. Selain membuat AC menjadi sehat, daya listrik pun menjadi hemat.

Itulah mengapa pentingnya dirawat serta diservis juga. Agar AC menjadi awet serta tahan lama dan tentunya daya listrik hemat.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek AC Terbaik, Pendinginan Modern Untuk Kenyamanan Anda

Demikian tips yang membuat tagihan listrik merek AC terbaik kamu hemat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan, terima kasih. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: