Dicoklit Pantarlih, Kasatpol PP Kabupaten Tegal Ajak Warga Sukseskan Pilkada

Dicoklit Pantarlih, Kasatpol PP Kabupaten Tegal Ajak Warga Sukseskan Pilkada

DICOKLIT - Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi saat dicoklit oleh Pantarlih.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI -

SLAWI, DISWAYJOGJA - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) KPU Kabupaten Tegal melalukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) kepada para pemilih. Salah satunya, Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi yang dicoklit oleh Pantarlih.

Supriyadi merupakan warga RT 01/RW 09, Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal. Dalam pencoklitan ini, Pantarlih juga didampingi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Slawi.

BACA JUGA:Pantarlih Mulai Lakukan Coklit Pemilih Pilkada Brebes

Usai dicoklit, Supriyadi yang akrab disapa Andi ini mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tegal untuk menyukseskan Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Ayo kita sukseskan pemukhtahiran data Pemilu Kabupaten Tegal yang dimulai pada 24 Juni sampai 25 Juli 2024. Dan jangan lupa nyoblos pada 27 November 2024,kata Andi, belum lama ini.

Terpisah, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Tegal, Dian Anika Sari menjelaskan, coklit adalah kegiatan untuk mencocokkan data pemilih KPU hasil sinkronisasi DP4+DPT Pemilu terakhir dengan dokumen pemilih atau warga. Dengan demikian, nanti akan muncul jumlah daftar pemilih di Kabupaten Tegal.

Adapun, jumlah Pantarlih di Kabupaten Tegal sebanyak 4.570 yang bertugas di 2.344 TPS. Mereka bertugas selama 1 bulan, yakni pada 24 Juni sampai 24 Juli 2024.

Sedangkan laporannya, akan disampaikan ke KPU setiap 7 hari. Mmedki demikian, setiap hari Pantarlih harus merekap secara manual. Selain dicatat di buku, coklit juga dilakukan dengan sistem elektronik atau e-coklit.

Menurut Dian, pencoklitan ini dilakukan secara merata. Pantarlih harus bisa menyesuaikan waktu luang dari pemilih. Misal, para pejabat yang ada waktunya di malam hari, maka Pantarlih harus datang ke rumahnya setelah pemilih sudah sampai rumah.

BACA JUGA:Hasil Survei Pilkada Kabupaten Tegal, Belum Ada Tokoh Yang Kompetitif Menandingi Umi Azizah

Jadi kenapa kita utamakan para pejabat atau tokoh masyarakat, karena itu untuk mencontohkan kepada masyarakat supaya masyarakat tidak alergi ketika didatangi pantarlih,tukasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: