Pemkab Brebes Luncurkan E-Lumpia, Permudah Layanan Mutasi 12.004 ASN

Pemkab Brebes Luncurkan E-Lumpia, Permudah Layanan Mutasi 12.004 ASN

MELAUNCHING - Sekda Brebes Djoko Gunawan melaunching e-Lumpia untuk mempermudah layanan mutasi ASN. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Per Juni 2024 ini total Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Brebes mencapai 12.004 orang. Banyaknya jumlah ASN di Kabupaten Brebes, pemerintah daerah (pemda) setempat terus berinovasi dalam layanan untuk para ASN, salah satunya di bidang mutasi.

Hingga saat ini, sistem mutasi di Pemkab Brebes masih konvensional atau manual. Dengan demikian, akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih, dalam pengurusan mutasi saat ini ASN masih harus datang ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD) Brebes untuk mengurusnya.

BACA JUGA:13 Pejabat Pemkab Brebes Promosi, Belasan ASN Dimutasi

Untuk mempermudah layanan mutasi ke belasan ribu ASN di Brebes, Pemkab Brebes melalui BKPSDMD meluncurkan layanan Elektronik Layanan Usul Mutasi Secara Profesional Integrasi dan Akuntabel (E-Lumpia). Layanan, ini sudah secara langsung terintegrasi dengan Sistem Informasi ASN (SIASN) Badan Kepegawaian Negara.

Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes Djoko Gunawan mengatakan, manajemen ASN yang baik dan prima perlu diperhatikan dalam mempermudah layanan kepegawaian. Salah satunya mutasi ASN.

Menurutnya, sudah saatnya semua layanan kepegawaian diberikan secara elektronik agar lebih tepat, cepat, transparan dan akuntabel, serta bebas biaya.

Sedangkan terkait mutasi, kata Djoko, sudah terkandung dalam peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Tatacara Pelaksanaan Mutasi. Karenanya, sesuai dengan ketentutan tersebut usulan mutasi ASN paling cepat dibahas satu bulan dalam rapat penilaian kinerja yang diketuai oleh Sekda.

"Itu sesuai dengan Keputusan Bupati Brebes Nomor 813/1688 Tahun 2023 Tentang Tim Penilai Kinerja ASN di Lingkungan Pemkab Brebes. Sehingga, perlu adanya aplikasi yang mempermudah kinerja dari pemerintah untuk layanan ASN," katanya, kemarin.

 Kondisi saat ini, lanjutnya, usulan ASN masih dilakukan secara konvensional dengan tumpukan berkas. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, sebagai bentuk perbaikan layanan di bidang mutasi pihaknya telah melakukan peluncuran E-Lumpia yang sudah terintegrasi dengan SIASN.

BACA JUGA:Mudahkan Akses Layanan Kesehatan, Dinkes Brebes Sosialisasi PPCP HIV/AIDS

"E-Lumpia dibangun sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Mutasi Sesuai dentan Prosedur yang berlaku," jelasnya.

Nantinya, pengusul mutasi dapat mengakses sistem mutasi di E-Lumpia tanpa harus datang ke BKPSDMD Brebes. Apalagi, semua informasi ASN yang ada di E-Lumpia akan terupdate ke SIASN. "Jadi para ASN tidak perlu lagi pengkinian data. Dan fitur yang ada juga mempermudah layanan mutasi oleh tim penilai kinerja. Ini ini akan lehih cepat hasilnya," pungkasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: