Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Mursala, Inspirasi Film Kingkong, Seperti Apa Panoramnya

Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Mursala, Inspirasi Film Kingkong, Seperti Apa Panoramnya

Wisata terbaru 2024 Air Terjun Mursala--

DISWAY JOGJA – Gugusan pulau yang ada di Indonesia selalu menawarkan tempat wisata terbaru 2024. Bahkan beberapa pulau diantaranya banyak yang sudah dikenal hingga mancanegara.

Salah satu pulau yang dikenal dengan air terjunnya adalah Pulau Mursala yang ada di Sumatera, tepatnya di Tapanuli Tengah. Wisata terbaru 2024 pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di Tapanuli Tengah.

Wisata terbaru 2024 air terjun tawar yang ada di Pulau Mursala sangat jarang ditemui di tempat lain.

Penasaran seperti apa wisata terbaru 2024 Pulau Mursala yang satu ini? Let’s check this out!

BACA JUGA : Staycation Aestetik Sumatera Barat, Wisata Terbaru 2024 Private Beach Dengan Harga Terjangkau

Sejarah Air Terjun Pulau Mursala

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai Air Terjun Mursala, yuk kita simak asal mula keberadaan air terjun yang satu ini. Bahkan cerita sejarah air terjun ini sudah beredar di kalangan masyarakat setempat.

Dulunya Air Terjun Mursala berasal dari danau kecil yang terbentuk dari cekungan batuan. Menurut legenda, danau tersebut merupakan tempat bermain Putri Runduk yang meruapakna Permasuri Raja Jaya Dana.

Ia adalah seornag penguasa Kerajaan Barus Raya, Kerajaan Islam di Sumatera pada abad ke-7. Namun, setelah Raja jaya Dana mengalami kekalahan saat perang, Putri Runduk menolak untuk dipersunting oleh Raja Mataram.

Setelah menolak Raja Mataram, Putri Runduk melarikan diri ke danau tersebut dan kemudian menumpahkan airnya ke daerah yang rendah dan akhirnya menjadi air terjun.

BACA JUGA : Keajaiban Alam Danau Toba Sebagai Wisata Terbaru 2024 Sumatera Utara

Keunikan Air Terjun Pulau Mursala

Sumber air terjun yang satu ini berasal dari sungai yang ada di puncak Pulau Mursala. Debit sungai tersebut memang tidak besar, namun air terjun ini tidak pernah kering. Bahkan saat musim kemarau pun debit airnya hanya berkurang namun tetap ada.

Jeram Air Terjun Mursala memiliki arus yang cukup deras, sehingga membutuhkan energi ekstra untuk melawan arus dan gelombang lautnya. Meskipun begitu, airnya terasa lebih dingin dan menyegarkan membuat siapaun yang berenang dibawahnya akan mneyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: