Peringati Idul Adha, Pemda DIY Terima 50 Ubarampe Pareden Gunungan Grebeg Besar

Peringati Idul Adha, Pemda DIY Terima 50 Ubarampe Pareden Gunungan Grebeg Besar

Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono menerima 50 ubarampe pareden gunungan di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.-DOK.-

DISWAYJOGJA - Keraton Yogyakarta kembali menggelar Hajad Dalem Grebeg Besar, Selasa, 18 Juni 2024. Pelaksanaan Grebeg Besar dalam rangka memperingati Idul Adha 1445 H tersebut digelar di empat lokasi. Yakni, Masjid Gedhe, Pura Pakualaman, Kepatihan, dan Ndalem Mangkubumen.

Sebanyak 50 ubarampe pareden gunungan diterima Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Ubarampe pareden yang diterima berwujud rengginang dan tlapukan bintang yang memiliki lima warna.

BACA JUGA:Awali Pembuatan Gunungan Grebeg Besar, Keraton Yogyakarta Gelar Prosesi Numplak Wajik

Saat menerima ubarampe pareden, Beny menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah DIY, menyambut para tamu, abdi dalem dan para prajurit Bregada Keraton yang mengantar ubarampe pareden gunungan. Beny berharap, semua pihak yang hadir pada acara Grebeg Besar di Kepatihan diberikan keberkahan dan kesejahteraan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ngarsa Dalem Yang Mulia Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta. Semoga Ngarsa Dalem beserta istri, anak, keluarga, dan warga dalem selalu diberikan berkah kesehatan, keselamatan, umur panjang, dan kesejahteraan,” ucap Beny.

Pada kesempatan yang sama, KRT Kintoko Sri Soedarmo manyampaikan, kedatangannya mengantarkan ubarampe pareden gunungan ini wujud menjalankan perintah dari Ngarsa Dalem. Dimana Ngarsa Dalem menitipkan salam kepada Sekda DIY dan para pejabat di lingkungan Pemda DIY yang hadir pada Grebeg Besar di Kompleks Kepatihan.

Setelah diterima, 50 ubarampe pareden gunungan tersebut dibagikan kepada para ASN Pemda DIY yang hadir. Selain itu, ubarampe pareden juga turut dibagikan ke warga yang datang menghadiri Garebeg Besar di Kepatihan.

Rasti, salah satu warga Bantul mengatakan, setiap tahun dirinya selalu mengikuti agenda rayahan pada Garebeg Besar. Sudah empat kali berturut-turut, Rasti mengikuti Garebeg Besar di Kepatihan.

”Karena kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan, jadi hari ini saya berangkat dari rumah langsung menuju ke sini (Kepatihan). Ini sudah ke 4 kalinya saya mengikuti Gerebeg dari Keraton. Alhamdulillah kali ini saya juga dapat 1 (pareden). Semoga dapat berkahnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:Grebeg Syawal, Warga DIY Antusias Mendapatkan Ubarampe Gunungan Kakung

Diketahui, Grebeg Besar ini merupakan sebuah upacara budaya yang diselenggarakan oleh Keraton Yogyakarta dalam rangka memperingati hari besar agama Islam yakni Idul Fitri, Idul Adha, dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Grebeg Besar dapat dimaknai sebagai perwujudan rasa syukur, mangayubagya Idul Adha, yang diwujudkan dengan memberikan rezeki pada masyarakat melalui ubarampe gunungan dari tanah Mataram. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: