Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Sering Mati Lalu Hidup Sendiri, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Sering Mati Lalu Hidup Sendiri, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Yang Sering Mati Lalu Hidup Sendiri-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kebutuhan merek AC terbaik di tanah air tergolong tinggi sebab cuaca yang panas di beberapa daerah.

Tingkat penggunaan merek AC terbaik yang tinggi harus disertai dengan kemampuan dalam mengidentifikasi kerusakan ketika AC mati lalu hidup sendiri, tidak dingin, dan mengalami masalah lainnya.

Merek AC terbaik termasuk alat elektronik yang tidak gampang rusak jika penggunaan dan proses perawatannya dilakukan dengan cara yang tepat.

Beberapa masalah kecil seperti merek AC terbaik yang sering mati lalu hidup sendiri setelah dicuci ataupun gagal dalam mendinginkan ruangan memang sering terjadi.

Gejala kerusakan tersebut pasti membutuhkan penangangan yang intensif secepat mungkin agar kerusakan tidak semakin parah.

Beberapa penyebab merek AC terbaik mati lalu hidup sendiri :

  1. Kerusakan thermistor AC
  2. Tombol power AC bermasalah
  3. Tekanan freon kurang
  4. Modul PCB mengalami kerusakan
  5. Timer unit indoor AC sedang aktif
  6. Kondensor AC mengalami masalah

Beberapa cara mengatasi merek AC terbaik yang sering mati lalu hidup sendiri agar berfungsi dengan normal kembali :

1. Cek tombol power unit indoor AC

Gangguan pada AC yang terkesan berat belum tentu karena mengalami kerusakan yang parah. apabila AC kamu sering mati lalu hidup sendiri, hal tersebut bisa saja terjadi akibat tombol power terjepit penutup unit indoor AC.

Coba periksa posisi tombol power jika AC terdapat gejala mati lalu hidup sendiri secara acak. Jika tombol tersebut terjepit penutup unit indoor, yang harus kamu lakukan hanya memperbaiki posisi penutup supaya AC berfungsi dengan baik kembali.

2. Cek pengaturan timer di remote AC

Cermati pengaturan timer pada remote AC. Jika kamu tidak ingin memakai timer, maka segera nonaktifkan fitur tersebut. Sebaliknya, kamu dapat membuat pengaturan baru berdasarkan waktu yang kamu inginkan supaya AC bisa mati dan hidup dengan otomatis di momen yang tepat.

Misalnya, kamu mengatur AC agar menyala ketika menjelang malam hari sebelum tidur dan mati ketika menjelang pagi hari beberapa saat sebelum kamu bangun tidur.

BACA JUGA : Beberapa Penyebab Kerusakan Merek AC Terbaik Dan Cara Mengatasinya

3. Periksa komponen AC yang memiliki risiko kerusakan

kamu perlu periksa komponen yang berhubungan dengan masalah tersebut ketika AC mati lalu hidup sendiri setelah dicuci, maka. Coba untuk mengecek kondisi thermistor, modul PCB, dan kondensor dengan seksama.

Kerusakan sekecil apa pun perlu esegera mungkin kamu atasi dengan cara memperbaikinya ataupun mengganti komponen yang mengalami masalah supaya AC bisa kembali normal.

4. Cek tekanan freon

Kamu perlu memeriksa tekanan freon saat masalah tersebut terjadi pada AC kamu. Segera lakukan pengisian freon jika tekanannya mulai berkurang.

Tekanan freon yang sesuai standar maka dapat membuat AC kamu menghasilkan udara dingin dengan maksimal dan terbebas dari masalah AC mati lalu hidup sendiri.

5. Membersihkan AC secara rutin

Kerusakan pada AC yang tergologn lumayan parah ternyata bisa dipicu karena hal kecil, yaitu AC yang jarang dibersihkan. Kotoran yang menumpuk pada kondensor AC dan komponen AC lainnya akan membuat Ac mengalami risiko kerusakan yang semakin besar.

Umumnya, AC dicuci tiap3 bulan sekali sehingga kebersihan pada setiap komponen AC akan terjaga dengan baik. Jadwalkan juga untuk dilakukan cuci besar tiap setahun 1 kali. Cuci besar akan dilakukan lebih teliti, sebab unit indoor AC akan ikut dibongkar dan dipasang kembali.

Dengan begitu, komponen indoor AC kamu dapat dicuci menyeluruh supaya kotorannya dapat terangkat dengan sempurna.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek AC Terbaik Jenis Portable

Beberapa hal yang mengindikasikan bahwa merek AC terbaik kamu sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru :

  1. Usia penggunaan AC sudah tua
  2. Suhu ruangan tidak konsisten
  3. Tagihan listrik naik dengan drastis
  4. AC mengeluarkan suara brisik

Itulah beberapa cara mengatasi dan beberapa penyebab merek AC terbaik yang sering mati lalu hidup sendiri. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: