Ketahui Penyebab Merek AC Terbaik Panasonic Tiba-Tiba Mati Sendiri, Cek Disini

Ketahui Penyebab Merek AC Terbaik Panasonic Tiba-Tiba Mati Sendiri, Cek Disini

Penyebab Merek AC Terbaik Panasonic Tiba-Tiba Mati Sendiri--Google.com

DISWAY JOGJA - Air conditioner (AC) memainkan peran penting dalam menjaga kenyamanan suhu di rumah atau kantor, terutama saat cuaca panas terik. Namun, bagaimana jika AC yang seharusnya memberikan kesejukan tiba-tiba mati sendiri? Masalah ini sering terjadi pada berbagai jenis dan merek AC, termasuk produk AC Panasonic.

Fitur pemutusan daya otomatis, memiliki peran penting dalam melindungi komponen lain dari kerusakan yang lebih serius jika mesin dipaksa untuk terus beroperasi. Indikator dari fitur ini adalah lampu timer yang berkedip dan menyala pada merek AC terbaik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa merek AC terbaik Panasonic Anda bisa mati sendiri:

BACA JUGA : 5 Langkah Mudah Menghentikan Getaran Pada Merek AC Terbaik

1. Kurang atau habisnya freon

Freon adalah senyawa yang berfungsi sebagai refrigeran atau pendingin dalam merek AC terbaik. Jika freon habis, kemampuan pendinginan pada unit indoor AC akan berkurang, sehingga sensor suhu atau termistor AC tidak akan mendeteksi suhu yang cukup dingin.

Akibatnya, perangkat akan mengaktifkan perlindungan dengan menyalakan dan membuat lampu timer berkedip.

2. Rusaknya termistor

Termistor, sering disebut "termis", adalah komponen dalam AC yang berfungsi mendeteksi perubahan suhu di ruangan. Cara kerjanya adalah dengan mengubah nilai resistansi sesuai dengan perubahan suhu.

Sensor ini terletak pada unit indoor dan mengatur aliran listrik ke unit outdoor dengan menghubungkan dan memutusnya. Jika termistor rusak, hal ini akan ditandai dengan unit outdoor yang mati dan hidup secara cepat.

3. Unit indoor dan outdoor yang kotor

AC Panasonic tipe single split terdiri dari dua bagian, yaitu unit indoor dan unit outdoor, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama, mesin ini akan kotor dan penuh debu, sehingga memerlukan perawatan rutin.

Jika unit indoor kotor, termistor (sensor suhu) tidak akan bisa mendeteksi suhu yang cukup dingin. Sementara itu, unit outdoor yang kotor akan menghambat pelepasan panas dari kompresor karena terhalang debu.

Akibatnya, kompresor bisa mengalami overheating, dan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, AC Panasonic akan mati secara otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: