Tips Panjang Pipa AC: Pendek atau Panjang, Berapa Idealnya, Yuk Simak Disini

Tips Panjang Pipa AC: Pendek atau Panjang, Berapa Idealnya, Yuk Simak Disini

Tips Panjang Pipa AC, Pendek atau Panjang, Berapa yang Idealnya, Yuk Simak Disini--

Secara umum, tidak ada batasan maksimal yang kaku untuk panjang pipa AC. Setiap tipe dan merek yang ada pada AC bisa memiliki batasan maksimal yang berbeda-beda. 

Biasanya, informasi mengenai panjang maksimal pipa AC bisa anda ditemukan. Yakni pada spesifikasi teknis dari masing-masing AC yang anda beli.

3. Perhatikan Pipa AC yang Dibeli

Saat membeli pipa AC, pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan panjang pipa yang kamu butuhkan. Hindari memotong pipa yang ada pada AC terlalu pendek.

BACA JUGA : Panduan Penempatan Merek AC Terbaik, Jadikan Ruangan Anda Paling Nyaman 

Hal ini dikarenakan bisa memengaruhi kinerja pada AC anda. Bahkan dapat membuat garansi pada AC yang anda beli menjadi void.

4. Vakum Instalasi

Setelah pemasangan pipa AC, sangat penting untuk melakukan proses vakum instalasi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan udara dari sistem AC anda.

Serta untuk memastikan tidak ada kebocoran udara yang dapat mempengaruhi kinerja AC. Oleh karenanya vakum instalasi sangat penting terlebih setelah memasang pipa AC.

5. Cek Freon pada AC 

Setelah pemasangan, pastikan untuk memeriksa tekanan freon pada AC. Anda dapat menggunakan alat khusus seperti manifold atau analyzer.

BACA JUGA : Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Merek AC Terbaikmu Tidak Dapat Berputar

Jika tekanan freon kurang dari standar yang ditetapkan, Maka anda perlu dilakukan penambahan freon oleh teknisi AC yang handal.

Panjang pipa AC sebaiknya mengikuti standar minimal yang direkomendasikan oleh pabrikan, yaitu minimal 3 meter. Hindari memotong pipa terlalu pendek pada pipa AC.

Anda juga harus memperhatikan batasan maksimal panjang dari pipa AC sesuai dengan tipe dan merek AC yang kamu gunakan. Dengan memperhatikan hal ini, kamu dapat memastikan kinerja AC tetap optimal dan tidak mengganggu garansi AC yang anda beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ selka id – ac specialist