Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Merek AC Terbaikmu Tidak Dapat Berputar

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Merek AC Terbaikmu Tidak Dapat Berputar

Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Merek AC Terbaikmu Tidak Dapat Berputar--Google.com

DISWAY JOGJA - Apakah Anda pernah mengalami kepanasan meskipun merek AC terbaik di ruangan Anda sedang menyala? Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kipas AC yang tidak berputar.

Sebagai komponen penting dalam sistem pendinginan, kipas memiliki peran krusial dalam menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangan. Kipas merek AC terbaik yang tidak berputar tidak hanya mengakibatkan ketidaknyamanan, tetapi juga dapat menimbulkan masalah serius pada sistem pendinginan. 

Berikut merupakan penyebab kipas merek AC terbaik tidak berputar:

1. Motor Kipas Sedang Bermasalah

Penyebab pertama adalah kerusakan pada motor kipas, yang sering disebabkan oleh akumulasi kotoran yang menghalangi putaran motor. Akibatnya, merek AC terbaik anda tidak bisa berfungsi secara maksimal.

BACA JUGA : Seberapa Sering Harus Dibersihkan, Kenali Tanda-Tanda Merek AC Terbaikmu Perlu Dicuci

Kotoran tersebut bisa berupa debu atau bahkan sarang semut yang menghalangi dinamo kipas. Dinamo kipas pada AC berfungsi untuk menggerakkan baling-baling sehingga udara dapat keluar dan mendinginkan kondensor.

Jika motor kipas tidak beroperasi dengan baik, maka baling-baling kipas juga tidak akan berputar secara optimal.

2. Kabel Motor Kipas Putus

Penyebab kedua adalah putusnya kabel motor kipas, yang juga dapat menyebabkan kipas AC tidak berputar.

Jika kabel yang menghubungkan unit dalam dengan unit luar terputus, rotor tidak akan berputar dengan baik, yang mengakibatkan kipas AC tidak berfungsi secara optimal.

3. Kapasitor Kipas yang Rusak

Penyebab ketiga adalah kerusakan pada kapasitor kipas, yang dapat menyebabkan kipas merek AC terbaik tidak berputar dengan optimal.

Kapasitor berperan dalam mendukung putaran motor kipas saat AC baru dinyalakan, sehingga suara saat motor mulai beroperasi akan lebih halus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: