Disperintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Evaluasi Optimalisasi Anggaran

Disperintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Evaluasi Optimalisasi Anggaran

KOMITMEN - Evaluasi optimalisasi anggaran, Disperintransnaker berikan dampak maksimal bagi masyarakat. -HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI -

SLAWI, DIWAYJOGJA – Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disperintransnaker) Kabupaten Tegal menggelar evalausi dan koordinasi  terkait optimalisasi anggaran dinas. Hal itu dilakukan untuk menekan pentingnya mengelola anggaran dinas.

Kepala Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro,  melalui Sekretaris Dinas Sutoyo menjelaskan, koordinasi tersebut untuk evaluasi pengelolaan anggaran dinas untuk 2024, sekaligus membahas rencana anggaran 2025. Dimana pada 2024, anggaran belanja sebesar Rp20.081.780.600 dan anggaran pendapatan retribusi sebesar Rp1.157.868.000.

BACA JUGA:Belum Ada Penyusunan PP, Penetapan UMK Terancam Mundur. Ini yang Dilakukan Disperintrasnaker Kabupaten Tegal

Perlu adanya strategi yang efektif agar penggunaan anggaran dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi masyarakat,ujarnya, Selasa, 4 Juni 2024.

Menurut dia, evaluasi penyerapan anggaran sangat penting untuk memastikan bahwa setiap rupiah yang dianggarkan dapat digunakan dengan efisien dan tepat sasaran. Tujuannya untuk menilai sejauh mana anggaran yang telah dialokasikan dapat diserap dan dimanfaatkan secara optimal oleh berbagai program dan kegiatan dinas.

Dengan evaluasi yang rutin, kata dia, dinas dapat mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan program. Selain itu, mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Selain evaluasi, pihaknya juga koordinasi mengenai perubahan anggaran juga menjadi fokus utama. Perubahan anggaran diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan yang terjadi di lapangan. Koordinasi ini penting agar semua pihak terkait dapat memahami perubahan-perubahan yang ada.

Serta dapat mengimplementasikan program-program dengan lebih efektif,ungkap Sutoyo.

Melalui koordinasi yang baik, dinas dapat memastikan bahwa perubahan anggaran tidak mengganggu pelaksanaan program dan justru dapat meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran. Pembahasan rencana anggaran untuk 2025 juga menjadi bagian penting dari evaluasi dan koordinasi ini.

BACA JUGA:Alokasi Anggaran Diskominfo Kabupaten Tegal Turun 52 Persen

Dia menambahkan, rencana anggaran harus disusun dengan mempertimbangkan evaluasi penyerapan anggaran tahun sebelumnya serta kebutuhan dan prioritas yang ada. Dengan strategi penyerapan anggaran yang tepat, dia berharap dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat, melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh dinas.

Dia menuturkan, penyusunan rencana anggaran yang matang akan membantu dalam merencanakan program-program yang lebih efektif dan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan efek positif anggaran terhadap masyarakat. Dinas akan melakukan pembahasan bersama mengenai strategi penyerapan anggaran.

Pembahasan ini akan melibatkan berbagai pihak terkait untuk mendapatkan masukan dan saran yang konstruktif. Pihaknya akan terus berupaya untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sehingga anggaran yang dialokasikan dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat,tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: