Tak Perlu Panggil Teknisi, Berikut 8 Langkah Membersihkan Dan Merawat Merek AC Terbaik Portable

Tak Perlu Panggil Teknisi, Berikut 8 Langkah Membersihkan Dan Merawat Merek AC Terbaik Portable

Cara Membersihkan Dan Merawat Merek AC Terbaik Portable-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik portabel sangat populer di masyarakat karena kenyamanannya, AC portable bisa ditempatkan hampir di semua ruangan dan mempunyai kapasitas pendinginan yang cukup kuat dalam menjaga ruangan yang berukuran kecil hingga ruangan berukuran sedang pada suhu yang nyaman.

Kebanyakan penghuni rumah yang mempunyai merek AC terbaik portabel mengetahui cara menguras wadah tetesan, dan membersihkan ventilasi udara unit AC. Selain ventilasi pemasukan udara, baki tetesan, sumbat pembuangan, filter udara, dan koil kondensor unit AC portabel bisa dibersihkan tanpa perlu bantuan dari teknisi AC yang profesional.

Berikut 8 langkah membersihkan merek AC terbaik Portable :

1. Kumpulkan Alat

Untuk membersihkan unit merek AC terbaik portabel, kamu perlu menyiapkan beberapa alat seperti obeng, udara terkompresi, penyedot debu dengan lampiran sikat, kain lembut, 3% hidrogen peroksida. Obeng untuk membuka unit, udara bertekanan untuk membersihkan kumparan, dan penyedot debu untuk menghilangkan partikel debu dari kumparan kondensor unit AC portabel. Mempunyai alat-alat tersebut akan membuat proses pembersihan jadi lebih mudah.

2. Lepas dan Bersihkan Filter Udara

Beberapa AC portabel mempunyai filter udara yang bisa  diakses dan bisa dibersihkan tanpa harus membuka unitnya. Apabila ini masalahnya, kamu bisa keluarkan filternya, lalu cuci menggunakan air hangat dan sabun, atau sedot debu di jaring filter udara. Beberapa unit AC mungkin memiliki filter sekunder, sehingga pastikan juga untuk membersihkannya.

3. Buka AC Portabel

Kamu bisa membersihkan AC portabel dengan cara membongkar rumah luarnya sampai kumparan kondensornya terlihat. Untuk melakukannya, kamu perlu satu set obeng yang sesuai dengan sekrup dan paku keling di unit kamu. Cabut AC portabel dulu, kemudian lepaskan selang pembuangan . jangan lupa untuk mencatat di mana sekrup harus ditempatkan dengan benar untuk nanti dipasang kembali.

BACA JUGA : 8 Cara Mengatur Merek AC Terbaik Panasonic, Dijamin Makin Sejuk Dingin Optimal

4. Sedot Debu dari Kumparan Kondensor

Setelah kamu membuka unit AC, kamu mungkin menemukan lapisan debu di sekitar kondensor AC. Gunakan penyedot debu dan sikat untuk masuk jauh ke dalam sirip, lalu bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada unit.

5. Sedot Kumparan Evaporator

Gunakan sikat dengan ukuran lebih kecil dan temukan kumparan evaporator yang terlihat seperti kumparan tebal yang ditekuk di dalam formasi ular. Sedot debu dari evaporator dan gunakan kain yang lembut yang sudah dibasahi dengan hidrogen peroksida 3% untuk mendisinfeksi evaporator dan unit kondensor. Biarkan beberapa saat agar kelembapan berlebih dapat mengering.

6. Kuras Tangki Air

Apabila merek AC terbaik portabel memiliki tangki air yang digunakan untuk proses pendinginan atau mode kipas, tiriskan semua air lama dari tangki tersebut. Bilas tangki menggunakan dengan cara mengalirkan air segar ke dalamnya, gunakan hidrogen peroksida untuk mendisinfeksi tangki di bagian dalam, hal ini untuk mencegah jamur dan bakteri berkembang biak pada AC kamu. Biarkan air tan di bagian luar dan dalam mengering.

7. Bersihkan Baki Tetes dan Selang Pembuangan

Lepaskan sumbat pembuangan dan biarkan agar airnya menetes. Bersihkan tempat pembuangan AC dengan menggunakan sedikit sabun dan air hangat, lalu seka larutan disinfektan di wadah yang dangkal. Cabut selang pembuangan dari jendela kamu, kemudian alirkan air melalui selang untuk membersihkan penyumbatan, dan debu. Biarkan selang agar mengering sepenuhnya.

8. Satukan Unit

Setelah unit AC kering, kamu bisa menyatukan kembali unit tersebut. Pasang kembali wadahnya dan kencangkan menggunakan sekrup. Pasang kembali filter pada posisinya, dan pasang kembali sumbat karet di saluran pembuangan. Sambungkan selang ventilasi ke unit kamu, dan nyalakan AC untuk menguji udara dingin yang masuk ke AC portabel kamu.

BACA JUGA : 11 Tips Ampuh Menghemat Energi Merek AC Terbaik Agar Tidak Boros Listrik

Tips Merawat Merek AC Terbaik Portable :

1. Masalahnya terdapat pada debu yang menutupi kondensor. Membersihkan debu dari unit AC akan membantu menjaga unit agar berfungsi dengan baik.

2. Gunakan kain lap untuk membersihkan bagian luar unit secara teratur. Hal ini bisa mencegah debu dan spora jamur masuk ke bagian dalam unit melalui ventilasi.

3. Bersihkan kelebihan kondensasi dari saluran pembuangan. Air yang mengembun bisa menumpuk di wadah pembuangan dan selang pembuangan, sehingga bisa membuat tumbuhnya jamur dan bakteri. Bersihkan dengan menggunakan pemutih klorin yang akan mendisinfeksi komponennya. Biarkan saluran pembuangan mengering terlebih dahulu sebelum disatukan kembali.

Itulah beberapa langkah membersihkan dan merawat merek AC terbaik portable. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: