11 Tips Ampuh Menghemat Energi Merek AC Terbaik Agar Tidak Boros Listrik

11 Tips Ampuh Menghemat Energi Merek AC Terbaik Agar Tidak Boros Listrik

Tips Ampuh Menghemat Energi Merek AC Terbaik Agar Tidak Boros Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Cara menghemat energi merek AC terbaik dengan benar perlu kamu ketahui, apalagi saat menghadapi musim panas dan lembap.

Merek AC terbaik merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menyesuaikan suhu, kelembaban dan aliran udara di dalam ruangan.

Merek AC terbaik berfungsi menjaga kenyamanan udara di dalam ruangan dengan mempertahankan suhu yang sudah diatur sesuai keinginan.

Merek AC terbaik juga bisa menghilangkan kotoran, bau, debu, dan partikel udara lainnya serta untuk menjaga udara di dalam ruangan agar tetap sehat.

Berikut 11 tips ampuh menghemat energi merek AC terbaik agar tidak boros listrik :

1. Pastikan ruangan tertutup rapat

Kamu harus memastikan bahwa ruangan tertutup rapat agar AC dapat bekerja maksimal. Jadi setelah ruangan sudah tertutup dengan rapat, baru nyalakan AC supaya ruangan lebih cepat sejuk.

2. Turunkan suhu bertahap

Dengan menurunkan suhu perlahan, biaya listrik akan lebih hemat dan kamu akan merasa nyaman saat ada di ruangan.

3. Atur fan speed ke maksimal

Dengan melakukan ini, airflow yang optimal bisa dihadirkan memberikan suhu udara yang diinginkan. Cara mengatur fan speed AC cukup mudah. Pada mesin AC, kamu akan melihat mode pengaturan yang sudah diprogram dengan 3 kecepatan kipas yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Jika AC bisa menggunakan pilihan auto yang secara otomatis mengubah kecepatan kipas sesuai dengan suhu ruangan.

Jika kamu ingin mengontrol dengan manual, kamu bisa gunakan mode tinggi untuk maksimalkan kecepatan kipas. Hal itu berfungsi efektif menyesuaikan kebutuhan. Saat AC bekerja di tingkat tertinggi, AC akan menggunakan energi yang lebih banyak dan membuat biaya listrik bertambah.

Apabila AC tidak mencapai suhu ruangan yang diinginkan, maka hal ini menjadi cara yang tepat untuk mencapai suhu ruangan yang nyaman tanpa perlu memodifikasi AC.

4. Nyalakan mode swing

Mode swing merupakan fitur untuk membantu penggunanya mencapai kestabilan suhu ruangan lebih cepat dengan mengubah besarnya blower AC atau memutar flap pengatur suhu akan membantu menyebarkan udara lebih merata. Mode swing dapat meningkatkan efisiensi energi dan mengatasi masalah suhu yang tidak seimbang di ruangan yang memiliki ukuran lebih besar.

BACA JUGA : 10 Trik Maksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Lebih Cepat Dingin

5. Naikkan suhu sebelum tidur

AC akan membuat udara di ruangan lebih dingin saat kamu bangun di pagi hari. Menaikkan suhu AC sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, karena di kondisi tersebut, AC bisa menyaring udara kotor dan bisa menghemat AC supaya tidak boros listrik.

6. Rutin bersihkan filter AC

Filter merupakan salah satu komponen penting dalam AC. Jika jarang dibersihkan, maka akan menimbulkan bau tidak sedap saat AC dinyalakan. Hal itu membuat energi listrik yang digunakan lebih banyak. Bersihkan filter AC dengan rutin tiap 1 bulan sekali.

7. Frekuensi saklar AC

Apabila sering menyala dan mematikan AC bisa membuat tagihan listrik melonjak. Apabila ruangan ditempati sebentar, biarkan AC menyala di suhu 25 derajat celcius.

8. Gunakan AC inverter

AC invеrtеr mеmbuаt hеmat lіstrik. Sistem ini dapat membuat merek AC terbaik beroperasi di frekuensi yang tinggi ataupun rendah untuk memakai daya dengan efisien. Penggunaan AC inverter sebaiknya di ruangan yang tertutup.

9. Aktifkan blower AC

Kamu bisa menerapkan suhu ideal sambil mengaktifkan setelan kipas untuk menghemat AC. Dengan setelan kipas, suhu ruangan akan tetap sejuk meskipun temperaturnya di kondisi sedang karena didukung oleh kecepatan perputaran udara.

BACA JUGA : 6 Tips Menyimpan Buah Dalam Merek Kulkas Terbaik yang Benar Agar Tetap Segar

10. Perhatikan efisiensi AC

Perhatikan efisiensi dengan tidak menyalakan AC ketika ruangan kosong.

11. Rutin melakukan pemeliharaan AC

Lakukan pemeliharaan AC secara rutin, jika AC sering dibersihkan, maka aliran udara di sistemnya akan berjalan baik.

Itulah beberapa tips ampuh menghemat energi merek kulkas terbaik agar tidak boros listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: